Breaking News:

Kabupaten Lebak Dipersiapkan Jadi Destinasi Wisata Unggulan Berbasis Potensi Lokal

Disparbud Kabupaten Lebak, Banten memberdayakan masyarakat dengan cara melatih konsep home stay yang ideal di sekitar destinasi wisata.

Dok Pemkab Lebak
Bupati Lebak Iti Octavia memanjat pohon durian 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM LEBAK - Pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Lebak, Banten memberdayakan masyarakat dengan cara melatih konsep home stay yang ideal di sekitar destinasi wisata.

Luli Agustina, Kepala Bidang Destinasi Wisata Kabupaten Lebak mengatakan untuk tempat penginapan lebih kearah home stay ini dapat menjadi nilai plus terhadap pemberdayaan masyarakat, dan akan menambah income untuk masyarakat.

"Untuk penginapan lebih kearah home stay ya, ini juga akan menjadi nilai terhadap pemberdayaan untuk masyarakat dan penambahan income bagi masyarakat sendiri," ujarnya kepada, TribunBanten.com, Jumat (22/1/2021).

Baca juga: Rumah Susun Tiga Lantai Akan Berdiri di Kawasan Wisata Tanjung Lesung

Baca juga: 4 dari 227 Destinasi Wisata Lebak ini Masih Menjadi Idola bagi Wisatawan

Luli menuturkan destinansi wisata di Lebak bukan destinanasi modern, karena masih mengedepankan ekoturisme, alam budaya, itulah yang kita tampilkan sebagai nilai jual kami.

"Konsep home stay itu sangat cocok buat kami, yang sudah berkembang ada di pantai sawarna," ujarnya

"Kalau hotel untuk lebak saya rasa cukup dikota dirangkasbitungnya," ucapanya

Sesuai dengan visi misi Bupati Lebak menjadikan salah satu kabupaten/kota di Banten itu sebagai destinasi wisata unggulan berbasis potensi lokal. Harus mendukung visi misi program juga harus sejala dengan itu.

"Tiap tahun ada pelatihan tata kelola home stay, berinisasi kepada masyarakat khusunya yang dilingkungan nya ada destinasi wisata Untuk pelatihan dilakukan tiga hari secara gratis," ujar perempuan berkerudung merah jambu tersebut

"Satu kali pelatihan 40 orang. Kita persiapakan sumber daya manusia yang memang disitu ada destinasi wisata yang sedang berkembang," jelasnya

Untuk permalamnya harga relatif disesuaikan dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemilik rumah.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved