Breaking News:

Ada 4 Jenderal dan Satu Kapolres Pengawal Listyo Sigit di DPR Naik Jabatan

Saat itu, Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kehadiran para pati dan seorang pamen ini itu untuk menunjukkan soliditas Korps Bhayangkara.

Penulis: Abdul Qodir | Editor: Abdul Qodir
Dok. Divisi Humas Polri
Calon tunggal kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Untuk pertama kalinya, Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan perombakan atau mutasi jabatan Polri.

  

Dalam Surat Telegram Rahasia (STR) Nomor ST/318/II/2021 tertanggal 18 Februari 2021, ada 25 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) yang dimutasi.

Surat tersebut ditandatangani Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri. 

Dalam perombakan perdana jabatan Polri ini yang dilakukan Listyo ini, didominasi pengangkatan alias promosi jabatan. Hanya sedikit pati dan pamen yang dilakukan pergeseran atau ditarik ke Mabes Polri.

Baca juga: Kapolri Berpeci Hitam Hadiri Dies Natalis HMI: Polarisasi Selesai, Kita Butuh Bersatu Lawan Covid-19

Baca juga: Komisaris Jenderal Agus Andrianto Jabat Kabareskrim, Alumni Banten Pernah Kapolres Tangerang

Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi.
Presiden Joko Widodo melantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Selain dilantik sebagai Kapolri, Listyo Sigit Prabowo juga dinaikkan pangkatnya dari Komisaris Jenderal Polisi menjadi Jenderal Polisi. (TRIBUNNEWS.COM/SETPRES/AGUS SUPARTO)

Ada empat jenderal dan seorang kapolres dari 25 pejabat Polri yang dimutasi itu merupakan orang-orang yang mendampingi Jenderal Listyo Sigit Prabowo di DPR RI, saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Calon Kapolri pada 20 Januari 2021 lalu.

Saat itu, Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kehadiran para pati dan seorang pamen ini itu untuk menunjukkan soliditas Korps Bhayangkara.

Berikut adalah empat pati dan seorang pamen pengawal Jenderal Listyo Sigit Prabowo di DPR yang dapat promosi jabatan:

1. Komjen Agus Andrianto, naik jabatan dari Kabaharkam menjadi Kabareskrim Polri

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto
Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto (Istimewa)

2. Komjen Arief Sulistyanto, naik jabatan dari Kalemdiklat menjadi Kabaharkam Polri

Kalemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto berbincang terkait pemberhentian 13 Taruna Akpol di Jakarta, Rabu (13/2/2019).
Kalemdiklat Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto berbincang terkait pemberhentian 13 Taruna Akpol di Jakarta, Rabu (13/2/2019). (TRIBUNNEWS/DOMUARA AMBARITA)

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved