Breaking News:

4 Desa di Pandeglang Masih Tertinggal, Pemkab Sebut Sudah Lakukan Pembinaan

Hal itu menyusul adanya pernyataan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2020.

Tribunbanten.com/Rizki Asdiarman
ILUSTRASI - Ibu rumah tanggan, Eti (37), tengah memasak dengan menggunakan kayu bakar di rumahnya 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Empat desa di Kabupaten Pandeglang masih hidup dalam ketertinggalan.

Hal itu menyusul adanya pernyataan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada tahun 2020.

Empat desa tersebut yaitu, Desa Cikiruh di Kecamatan Cimanggu, Desa Sukamula di Kecamatan Cikeusik serta Desa Sudimanik dan Curug di Kecamatan Cibaliung.

Tak hanya itu, setidaknya masih terdapat 127 desa lainnya yang masih hidup dalam ketertinggalan baik taraf infrastruktur, kesehatan dan pendidikan serta yang lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan membenarkan hal tersebut dan mengatakan faktor tersebut diakibatkan kurangnya daya kreativitas masyarakat.

Baca juga: Pemkab Serang Targetkan 2.030 Pasangan Isbat Nikah, Segera Ajukan ke RT, Kepala Desa, dan Camat

Baca juga: Empang Bahagia Desa Kanekes Lebak Teraliri Listrik, Guru Madrasah: Anak-anak Bisa Mengaji Malam Hari

"Masih terdapat empat desa yang amat sangat tertinggal. Kami sudah melakukan pembinaan terhadap desa tersebut," katanya saat dihubungi, Selasa (9/3/2021).

Pihaknya pun membantah bahwa kasus desa yang tertinggal di Kabupaten Pandeglang sangatlah tinggi ketimbang daerah lainnya yang ada di Banten.

Bahkan menurutnya, sejak tahun 2019 kasus desa tertinggal di Kabupaten Pandeglang sudah mulai menurun dari tahun sebelumnya.

"Kita sudah memberikan terus menerus pembinaan dengan memberikan status bantuan sosial kepada masyarakat setiap tahunnya mencapai Rp 270 Miliyar," tegasnya.

Selain itu, masyarakat juga sudah memberikan bantuan untuk membuat UMKM dan memberikan fasilitas internet kepada para masyarakat yang ada di sana.

Ditargetkan untuk tahun ini, pihaknya akan kembali menurunkan tingkat ketertinggalan dengan bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Kementerian Desa Tertinggal dalam upaya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved