Breaking News:

"Tradisi Tahunan", 800 Napi Lapas Kelas IIA Cilegon Diusulkan Dapat Remisi Idul Fitri

Dalam PP tersebut diatur syarat napi kasus kejahatan luar biasa seperti koruptor dan teroris, diharuskan memenuhi syarat membantu membongkar perkara

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww via Kompas.com
Sejumlah warga binaan berjemur di bawah matahari di Rutan Kelas 1 Depok, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020). Kementerian Hukum dan HAM menerapkan protokol kesehatan di rumah tahanan (Rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas) dengan meminta warga binaan berjemur guna membantu meningkatkan imunitas. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, CILEGON - Lembaga Permsyarakatan Kelas IIA Cilegon mengusulkan 800 warga binaan mendapat pengurangan masa hukuman atau remisi Idul Fitri tahun ini.

Kepala Seksi Pembinaan Lapas Kelas IIA Cilegon, Muhamad Khapi mengatakan narapidana yang diusulkan mendapat remisi tersebut telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

"Nanti sistem data base kami yang akan secara otomatis melakukan pengusulan, tentunya jika persyaratan sudah terpenuhi," ujar Khapi di Lapas Kelas IIA Kota Cilegon, Jalan Cikerai, Kalitimbang, Kec. Cibeber, Kota Cilegon, Banten, Senin (22/3/2021)

Khapi mengatakan syarat napi mendapatkan remisi di antaranya telah menjalani masa hukuman selama enam bulan dan berkelakuan baik.

Kepala Seksi Pembinaan Lapas Kelas IIA Cilegon, Muhamad Khapi menjelaskan tentang rencana usulan remisi Idul Fitri 2021 di Lapas Kelas IIA Kota Cilegon, Jalan Cikerai, Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, Senin (22/3/2021)
Kepala Seksi Pembinaan Lapas Kelas IIA Cilegon, Muhamad Khapi menjelaskan tentang rencana usulan remisi Idul Fitri 2021 di Lapas Kelas IIA Kota Cilegon, Jalan Cikerai, Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten, Senin (22/3/2021) (TribunBanten.com/Khairul Ma'arif)

Nantinya, pihak Lapas Kelas IIA Cilegon akan mengajukan nama-nama penerima remisi itu ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM.

"Nanti dari sana akan mengeluarkan surat keputusan," tuturnya.

Baca juga: GEGER jadi Sarang Prostitusi Online Anak, Akhirnya Hotel Milik Artis Cynthiara Alona Disegel

Baca juga: 324 Narapidana Dapat Remisi, Kemenkumham Banten: Perbaiki Diri Jangan Sampai Masuk Penjara Lagi

Bagaimana dengan remisi untuk napi kasus tindak pidana korupsi (tipikor)?

Khapi menjelaskan, pihaknya mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2012 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan, untuk pengajuan napi kasus tipikor mendapatkan remisi.

Baca juga: Kejahatan Naik 11,8 Persen Bersamaan Pandemi Corona dan Dibebaskannya Hampir 39 Ribu Napi

Dalam PP tersebut diatur syarat napi kasus kejahatan luar biasa seperti koruptor dan teroris, diharuskan memenuhi syarat membantu membongkar perkara tindak pidana yang dilakukannya atau menjadi justice collaborator.

"Untuk warga binaan narkoba bagi yang hukumannya di atas lima tahun penjara," katanya.

Penulis: Khairul Ma'arif
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved