Breaking News:

Sebanyak 207 Desa di Pandeglang Gelar Pilkades Serentak Juni Mendatang, Kerumunan Bisa Dipidana

Pemkab Pandeglang juga telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menjaga pelaksanaan Pilkades Serentak pada Juni mendatang ini.

Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Pada awal Juni mendatang sebanyak 207 desa di Kabupaten Pandeglang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan menjelaskan pihaknya saat ini terus mematangkan persiapan pelaksanaan pilkades yang berjalan dimasa pandemi Covid-19 kali ini.

"Karena Pilkades tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana untuk saat ini kita berhadapan dengan Covid-19 yang tak kunjung usai. Jadi persiapannya terus kami lakukan," katanya saat ditemui, Senin(22/3/2021).

Sejumlah persiapan dilakukan Pemkab Pandeglang agar pesta demokrasi tingkat desa ini dapat berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan persepsi negatif di masyarakat.

Ia pun meminta kepada struktur perangkat desa agar panitia pemilihan mengedepankan protokol kesehatan dan tidak menimbulkan kerumunan.

Baca juga: 144 Desa di Kabupaten Serang Bakal Gelar Pilkades Serentak pada Juli 2021

Baca juga: Sasar Kafe Hingga Balap Liar, Polres Cilegon Patroli Skala Besar Kamtibmas & Pecegahan Covid-19

Nantinya, panitia pelaksana harus menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri.

Sebab, kerumunan dalam pilkades dapat berujung pada proses pidana dari kepolisian.

"Kalau sekarang satu TPS itu jangan ada cuma satu bila perlu ada dua atau tiga. Supaya tidak ada kerumunan masa pada saat pencoblosan," tegas Doni.

Ia pun telah melaporkan persiapan Pilkades Serentak ini ke Bupati Pandeglang Irna Narulita dan tinggal pelaksanaan teknis di lapangan.

Pemkab Pandeglang juga telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menjaga pelaksanaan Pilkades Serentak pada Juni mendatang ini.

"Sudah kami koordinasikan keamanannya dengan TNI-Polri. Semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa kekurangan apapun," tutupnya.

 
 

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved