Breaking News:

Pemkab Serang Mulai Cairkan Dana Hibah, Lembaga Keagamaan Jadi Prioritas Penerima

Pihak Pemerintah Kabupaten Serang mencairkan dana hibah pada 2021. Sekitar 140 lembaga telah direkomendasikan menjadi penerima dana hibah.

TRIBUNBANTEN/DESIPURNAMA
Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang Febrianto 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pihak Pemerintah Kabupaten Serang mencairkan dana hibah pada 2021.

Sekitar 140 lembaga telah direkomendasikan menjadi penerima dana hibah.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Tangerang Berikan Dana Hibah kepada Industri Hotel dan Restoran

Baca juga: PHRI: Banyak Hotel dan Restoran di Tangerang Selatan Belum Terima Dana Hibah Pariwisata

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Serang Febrianto, mengatakan sasaran dana hibah yang dialokasikan diberikan kepada lembaga keagaman yang sudah mengajukan persayaratan melalui aplikasi Serang Open.

"Yang dapat memberikan kemudahan bagi para calon pemohon bantuan, setelah berkas masuk baru kami akan verifivikasi ke lapangan, untuk mengetahui kelayakan," ujarnya saat ditemui TribunBanten.com, Rabu (7/4/2021).

Dia menjelaskan, dana hibah itu akan diberikan kepada lembaga keagamaan seperti majelis talim, pondok pesantren, dan musala.

"Itu kami beri bantuan secara berjenjang, sifatnya tidak rutinitas, yang sudah dapet tahun ini tahun berikutnya tidak diperbolehkan mengajukan kembali," tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk bantuan tersebut, pihaknya sudah menetapkan rincian anggaran kurang lebih sekitar Rp 1.7 miliar untuk sarana keagamaan, yang di seluruh Kabupaten Serang

"Dana hibah akan disesuikan dengan kebutuhan pemohon masing-masing, makannya kami kroscek kelapangan agar dana ini tepat sasaran," uajrnya pria berbaju putih tersebut.

Baca juga: Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam Kabupaten Serang Dapat Bantuan Dana Operasional

Baca juga: Berikut Titik Lokasi Rawan Banjir dan Longsor di Kabupaten Serang

Terkait proses pelaksanaan pencairan dana hibah pada 2021, dia menjelaskan harus ada proposal usulan pencairan terlebih dahulu.

"Calon penerima harus membuat proposal pencarian sesuai dengan nanti yang dibutuhkan secara universal, setalah di tetapkan anggaran oleh tim anggaran pemerinta daerah (TPAD), selanjutnya lembaga harus membuat proposal sesuai dengan sekala prioritasnya, dan tersebut diperuntukan apa saja," ujarnya.

Menurut dia, uang negara tidak boleh dipergunakan secara sembarangan. Untuk itu, pengelola lembaga harus bisa menggunakan dana itu secara proporsional.

"Dan Insya Allah dalam waktu dekat akan segera dicairkan dan penyaluran akan disimboliskan langsung oleh Bupati Kabupaten Serang," ucapnya.

Di kesempatan itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekda Kabupaten Serang selaku ketua TPAD dan para anggota DPRD Kabupaten Serang yang masih memberikan anggaran hibah ini.

"Saya yakin dalam kondisi saat ini para ustadpun turut terdampak Covid-19, semoga dapat sedikit mengurangi dan memberikan keringan beban bagi mereka," tambahnya.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved