Breaking News:

Pemkab Serang Siap Terapkan Satu Data Kependudukan, Belum Punya KTP Elektronik, Segera Melapor

Tidak boleh overlapping. Misalnya data tentang kependudukan ada di Dinas Dukcapil dan data kesehatan ada di Dinas Kesehatan

dokumentasi Pemkab Serang
Pemkab Serang bekerja sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri). 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Pemkab Serang bekerja sama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri).

Penandatanganan kerja sama digelar di aula Tb Suwandi, Setda Kabupaten Serang, Kamis (8/4/2021).

Kerja sama itu demi mewujudkan penerapan satu data kependudukan.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan satu data kependudukan bermakna setiap lembaga diberi kewenangan untuk menerbitkan data sesuai dengan tugasnya.

Baca juga: Pemkab Serang Update Sistem Informasi Pembangunan Daerah, Tingkatkan Tata Kelola

Baca juga: Tingkatkan Produktivitas dan Petani, Pemkab Serang Gandeng Empat Perusahaan Pertanian

“Tidak boleh overlapping. Misalnya data tentang kependudukan ada di Dinas Dukcapil dan data kesehatan ada di Dinas Kesehatan,” ujarnya lewat rilis yang diterima TribunBanten.com, Kamis. 

Menurutnya, data kependudukan diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Data digunakan untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, pelayanan publik, hingga pelaksanaan pemilu, pilkada, dan pilkades. 

Basis data yang digunakan adalah nomor induk kependudukan (NIK) yang memiliki 16 digit yang berbeda setiap warga negara.

“Maka harus diawali dengan pendataan yang tepat. Penduduk di Kabupaten Serang yang merasa belum terdata, belum punya KTP elektronik, segera laporkan."

Baca juga: Kabar Gembira! Pemkab Serang Ajukan Penambahan Penerima dan Insentif Guru PAUD, Himpaudi: Syukurlah

"Bayi lahir hingga warga yang meninggal, segera laporkan,” ucapnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved