Breaking News:

Ramadan 2021

BI Banten Siapkan Rp 3,7 Triliun untuk Penukaran Uang Baru Ramadan dan Idul Fitri 2021

BI kantor Perwakilan Banten menyiapkan uang tunai sebesar Rp 2,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang selama ramadan hingga lebaran

hai.grid.id
Ilustrasi Uang-Syarat dan Cara Dapatkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Bantuan UMKM Diperpanjang hingga Desember 2020. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Banten menyiapkan uang tunai sebesar Rp 2,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang untuk masyarakat pada Ramadan hingga menjelang Idul Fitri 1442 H.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya atau year over year (yoy), sebesar Rp 1,8  triliun.

Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan saat ini aktivitas ekonomi di Banten mulai menggeliat dan berangsur pulih.

Oleh karena itu, kebutuhan masyarakat akan uang kartal juga diperkirakan akan meningkat.

“Peningkatan terjadi berdasarkan asumsi makro ekonomi terkini, proyeksi perbankan, hingga pembelanjaan pemerintah daerah,” ujarnya saat menggelar taklimat media di kantor BI Banten, Kamis (15/4/2021).

Secara Nasional, kata Erwin, BI berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 152,14 triliun pada periode Ramadan dan idul fitri tahun ini.

Nilai tersebut meningkat sebesar 39,33 persen (Yoy), jika dibandingkan periode tahun lalu yang sebesar Rp 109,2 triliun.

Baca juga: Bank Indonesia Provinsi Banten Dorong Pengembangan UMKM Daerah\

Baca juga: Bank Indonesia: Enam Kabupaten/Kota di Banten Akan Gunakan Transaksi Digital

Penukaran bisa dilakukan mulai 12 April hingga 11 Mei 2021, di 111 titik jaringan kantor perbankan di Banten, termasuk BPR, PD Pasar, Pegadaian, dan Pos Indonesia.

“Mempertimbangkan kondisi saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19,  layanan kas keliling penukaran uang BI tidak bisa dilakukan secara individual atau ritel, tetapi bisa dilakukan secara wholesale atau berkelompok,” tutur Erwin.

Halaman
123
Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved