Breaking News:

Virus Corona

Program Vaksinasi Covid-19 Selama Ramadan Memprioritaskan Para Lansia

Indonesia terus menggenjot program vaksinasi nasional meskipun dalam suasana bulan Ramadan.

ISTIMEWA
Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie, saat menjalani suntik vaksin Covid-19 di Kantor Pemkot Tangsel, Jalan Maruga, Ciputat, Selasa (2/3/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Indonesia terus menggenjot program vaksinasi nasional meskipun dalam suasana bulan Ramadan.

Melansir Tribunnews, Seiring dengan hal itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa program vaksinasi Covid-19 selama Ramadan ini akan diprioritaskan untuk para lanjut usia (lansia).

Hal ini dilakukan agar para lansia bisa terlindungi.

"Penting diingat bahwa pada saat Ramadan dan Lebaran nanti kemungkinan banyak keluarga yang ingin bertemu orang tuanya sangat tinggi. Jadi tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas diberikan vaksinasi kepada para lansia," kata Budi dalam konferensi pers kedatangan 6 juta bulk vaksin Sinovac di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (18/4/2021).

Baca juga: Menkes Minta Kepala Daerah Jalankan Vaksinasi selama Ramadan, Lansia Jadi Prioritas

Baca juga: Tokoh-tokoh Pendukung Vaksin Nusantara: Anang-Ashanty hingga Mantan Menkes Siti Fadilah

"Sehingga mereka senior-senior kita ini bisa kita lindungi kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya, mereka sudah relatif imunitasnya lebih baik," kata Budi.

Budi juga menyampaikan agar program vaksinasi terus dilanjutkan meskipun sedang bulan puasa. Mengutip pernyataan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyebut vaksin corona tidak membatalkan puasa.

Lonjakan kasus di sejumlah negara di Benua Eropa, Asia dan Amerika Selatan, mendorong Budi terus mengingatkan agar masyarakat tidak berhenti menjaga protokol kesehatan selepas vaksinasi covid-19.

"Sekali lagi jangan sampai program vaksinasi yang sudah berjalan, program PPKM yang sudah berjalan membuat kita euforia, tidak waspada, tidak hati-hati. Kenapa, karena lonjakan bisa terjadi lagi dan usaha keras kita selama ini jadi sia-sia. Virusnya masih menular, masih ada, dan kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak," katanya.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, target sasaran vaksinasi untuk Lansia sebanyak 21,5 juta orang.

Namun hingga Minggu (18/4/2021) hanya ada 932.524 orang yang sudah divaksin dosis kedua atau baru 4,33 persen dari target yang dicanangkan.

Halaman
123
Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved