Breaking News:

Larangan Mudik, Pengunjung Pusat Perbelanjaan dan Mal Diprediksi Meningkat

Larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2021 diprediksi akan meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke mal dan pusat perbelanjaan.

Tribuners/Martin Ronaldo
Warga berbondong-bondong mendatangi pusat perbelanjaan di Serang, Banten, Kamis (21/5/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2021 diprediksi akan meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat ke mal dan pusat perbelanjaan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja.

Dia meyakini kunjungan masyarakat ke mal akan meningkat lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Kenaikan kunjungan tersebut juga akan berpengaruh positif terhadap tingkat penjualan bagi industri ritel menyusul adanya kebijakan larangan mudik serta aturan yang tidak seketat di awal pandemi.

"Tingkat kunjungan dan tingkat penjualan pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini akan lebih tinggi dari tahun lalu tapi tidak akan terjadi peningkatan yang signifikan," kata Alphonzus kepada Tribunnews, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Jadi Lebih Awal Mulai 22 April, Satgas Covid-19: Tahan Dulu Kerinduannya

Baca juga: Cegah Warga Mudik, Polda Banten Bangun 18 Check Point, Berikut Lokasinya

Menurutnya, larangan mudik dapat menjadi peluang atau kesempatan bagi Pusat Perbelanjaan di kota - kota besar, khususnya DKI Jakarta untuk mendapatkan peningkatan kunjungan.

Jika larangan mudik benar - benar dapat ditegakkan maka tentunya masyarakat akan berdiam di kota dan berkunjung ke Pusat Perbelanjaan untuk mengisi liburan.

APBBI mencatat tingkat kunjungan ke pusat berbelanjaan pada saat Idul Fitri 2020 yang lalu hanya naik sekitar 20 persen dibandingkan dengan hari biasa pada tahun 2020 yang lalu.

"Diperkirakan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan pada Idul Fitri tahun 2021 ini akan meningkat sekitar 30 - 40 persen dibandingkan dengan Idul Fitri tahun 2020 lalu," tutur Alphonzus.

Beberapa pemerintah daerah juga telah memberlakukan pelonggaran yaitu perpanjangan atas jam operasional yang tentunya hal tersebut disambut baik oleh pusat perbelanjaan.

Halaman
12
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved