Breaking News:

Idul Fitri 2021

Kemenhub Prediksi Pergerakan Masyarakat Meningkat Setelah Lebaran : Petugas Diharap Lebih Konsisten

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memprediksi bahwa akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Tangkapan layar YouTube KompasTV
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada konferensi persnya soal update pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di JITC II Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (21/1/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memprediksi bahwa akan terjadi peningkatan pergerakan masyarakat setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Melansir Warta Kota, terkait hal tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan pada tanggal yang sama.

Menurutnya, pada H+2 Hari Raya Idul Fitri 1442 H akan menjadi titik konsentrasi masyarakat melakukan pergerakan untuk melakukan perjalanan.

"Maka dari itu, saya mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pergerakan bersamaan pada tanggal yang sama karena akan menimbulkan kepadatan lalu lintas," ucap Budi dalam keterangannya, Kamis (13/5/2021).

Baca juga: Viral Warga Gotong-royong Berikan Bensin Gratis untuk Pemudik, Warganet : Indahnya Indonesia

Dalam mengantisipasi hal tersebut, lanjut Budi, Kemenhub menyiapkan petugas yang siaga di lapangan terutama di titik penyekatan selama kebijakan larangan mudik Lebaran 2021 berlangsung.

"Potensi pergerakan masyarakat pasca Lebaran ini cukup tinggi, maka dari itu saya meminta petugas agar tetap menjaga konsistensinya untuk bertugas menjaga titik penyekatan," ucap Budi.

Baca juga: Jokowi dan Ibu Negara Rayakan Idul Fitri 1442 H di Istana Bogor : Semoga Kita Terbebas dari Covid-19

Kemenhub Larang Mudik Lokal

Kemenhub menerbitkan kebijakan larangan mudik untuk wilayah aglomerasi.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menyebutkan, peniadaan larangan mudik lokal atau antar wilayah aglomerasi ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Meski ada kebijakan larangan mudik lokal, lanjut Adita, layanan transportasi tetap berjalan dan tidak ada penyekatan yang dilakukan oleh petugas.

Baca juga: Peringati Hari Raya Idul Fitri 1442 H Hari Ini, Erick Thohir : Sabar Ya, Kita Masih Harus Waspada

Halaman
12
Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved