Breaking News:

Idul Fitri 1442 H

BREAKING NEWS: Gubernur Banten Tutup Seluruh Destinasi Wisata Mulai Besok, Ini Penyebabnya

Mengacu pertimbangan kondisi tersebut, Wahidin menginstruksikan seluruh bupati dan wali kota untuk menutup seluruh destinasi wisata di wilayah masing-

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
TRIBUNBANTEN.COM/MARTEEN RONALDO PAKPAHAN
Pengunjung pantai Pasir Putih Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (15/5/2021) melebihi kapasitas. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim memutuskan menutup seluruh destinasi wisata di Banten mulai Minggu (16/5/2021) besok. Penutupan destinasi wisata di wilayah Provinsi Banten berlaku mulai 16 sampai 30 Mei 2021. 

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Banten tentang Tenutupan Tempat Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 di Provinsi Banten tertanggal 15 Mei 2021, sebagaimana diterima TribunBanten.com, Sabtu (15/5/2021) malam.

Surat tersebut diputuskan Gubernur Banten Wahidin Halim dan ditembuskan ke seluruh bupati dan wali kota di Banten.

Gubernur Banten Wahidin Halim di rumah dinas Gubernur, Kota Serang, Rabu (5/5/2021).
Gubernur Banten Wahidin Halim di rumah dinas Gubernur, Kota Serang, Rabu (5/5/2021). (Dok. Pemprov Banten)

Dalam surat edaran itu, Wahidin menyampaikan dari pemantaun dua hari musim liburan Lebaran, diketahui tingginya kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi di Banten telah menimbulkan kerawanan pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hal itu dapat menimbulkan risiko meningkatnya penyebaran kasus Covid-19 di Banten.

Baca juga: BREAKING NEWS : Pengunjung Melebihi Kapasitas, Polisi Tutup Area Pantai Carita untuk Sementara Waktu

Mengacu pertimbangan kondisi tersebut, Wahidin menginstruksikan seluruh bupati dan wali kota untuk menutup seluruh destinasi wisata di wilayah masing-masing mulai 16 sampai 30 Mei 2021.

"Kepada seluruh wali kota/bupati se-Provinsi Banten, diminta untuk menutup destinasi wisata di wilayahnya mulai tanggal 16 sampai dengan 30 Mei 2021," demikian kutipan surat edaran Gubernur Banten tersebut.

Kendaraan roda empat dan bus diputar balik di Pos Pam Ciwandan, Simpang Tiga Jalan Lingkar Selatan, Ciwandan, Kota Cilegon, Sabtu (15/5/2021). Hal itu dilakukan menyusul membudaknya pengunjung objek wisata di Pantai Anyer dan Pantai Carita.
Kendaraan roda empat dan bus diputar balik di Pos Pam Ciwandan, Simpang Tiga Jalan Lingkar Selatan, Ciwandan, Kota Cilegon, Sabtu (15/5/2021). Hal itu dilakukan menyusul membudaknya pengunjung objek wisata di Pantai Anyer dan Pantai Carita. (TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Dalam surat tersebut dijelaskan keputusan ini berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penanggulangan Corona Virus Disease-19 dan Peraturan Gubernur Banten Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Standar Operasional Prosedur Penegakan Penanggulangan Corona Virus Disease-19.

Baca juga: Pengunjung Membludak dan Macet, Dua Gerbang Tol di Cilegon Tujuan Pantai Anyer dan Carita Ditutup

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti membenarkan adanya surat edaran Guberur Banten tentang penutupan destinasi wisata di Banten tersebut.

"Penutupan sementara destinasi wisata di Provinsi Banten dimulai tanggal 15 Mei 2021 Pukul 21.00 WIB sampai tanggal 30 Mei 2021. Dan sudah ditandatangan gubernur," ujarnya saat dikonfirmasi.

Baca juga: Pemudik Kembali ke Banten Wajib Diswab dan Dikarantina Selama 5 Hari

Menurutnya, penutupan destinasi wisata ini sebagai langkah antisipasi mencegah potensi munculnya klaster baru Covid-19 dari objek wisata pasca-Hari Raya Idul Fitri.

"Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata sangat padat dan ramai. Hal ini memicu timbulnya kerumunan yang akan berpotensi peningkatan kasus covid-19 dari klaster wisata," terang Ati Pramudji Hastuti yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten itu.

Artikel lain terkait Idul Fitri 1442 H di TribunBanten.com

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved