Breaking News:

PLN Ajak Pelanggan Mendukung Sumber Energi Terbarukan melalui Renewable Energy Certificate (REC)

Satu unit REC merepresentasikan penggunaan 1 MWh energi listrik dari suatu pembangkit listrik renewable energy.

dokumentasi PLN UID Banten
Sejak November lalu, PT PLN (Persero) telah meluncurkan Renewable Energy Certificate (REC) atau sertifikat energi baru terbarukan. 

TRIBUNBANTEN.COM - Sejak November lalu, PT PLN (Persero) telah meluncurkan Renewable Energy Certificate (REC) atau sertifikat energi baru terbarukan.

Sertifikat ini atau REC merupakan instrumen berbasis pasar yang menyatakan bahwa pemegang sertifikat menggunakan sumber listrik yang berasal energi terbarukan.

Satu unit REC merepresentasikan penggunaan 1 MWh energi listrik dari suatu pembangkit listrik renewable energy.

Baca juga: Laba Bersih PLN pada 2020 Mencapai Rp 5,9 Triliun, Naik 38,6 Persen Dibandingkan 2019

SRM Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN UID Banten Dony Adriansyah mengatakan dengan memiliki REC, dapat menjadi bukti komitmen masyarakat untuk turut mendukung bauran energi baru dan terbarukan di Indonesia.

“Masyarakat yang menginginkan pengakuan atas penggunaan listrik dari sumber energi terbarukan, kini dapat melakukan klaim dan selanjutnya memperoleh Sertifikat Energi Terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN,” ujarnya.

Baca juga: PLN Dorong Kebangkitan UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Diharapkan melalui REC semua pihak dapat berkontribusi mengembangkan energi hijau atau green energy dengan lebih terkonsolidasi.

Hasil REC ini akan digunakan oleh PLN untuk diinvestasikan kembali kepada pembangkit-pembangkit energi terbarukan.

“Satu unit REC memiliki harga Rp 35.000. Biaya ini akan digunakan untuk diinvestasikan kembali pada sumber energi terbarukan,” ucap Dony.

Saat ini pelanggan yang membeli layanan REC dapat memanfaatkan promo keringanan biaya Penambahan Daya dari PLN, yaitu melalui Program Ramadhan Peduli.

Baca juga: PLN Banten Ajak Pelanggan Gunakan Aplikasi PLN Mobile di Ajang Reuni Pesepakbola Tangerang

Pelanggan hanya dikenai biaya Rp 202.100 untuk penambahan daya ke 2.200 – 11.000 VA dengan membeli tiga unit REC senilai Rp 115.500 atau setara dengan 3 MWh.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved