Breaking News:

Bagaimana Cara Isolasi Mandiri di Rumah Saat Dikonfirmasi Positif Covid-19? Simak Langkahnya di Sini

Anda terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah? Simak langkah-langkahnya di sini.

Tribunnews.com
Ilustrasi terinfeksi virus corona 

TRIBUNBANTEN.COM - Anda terkonfirmasi positif Covid-19 dan harus menjalani isolasi mandiri di rumah? Simak langkah-langkahnya di sini.

Hingga kini angka kasus Covid-19 di Indonesia masih mengkhawatirkan.

Jumlah wilayah yang masuk zona merah pun kian bertambah.

Dalam menghadapi lonjakan pasien Covid-19, banyak masyarakat merasa bingung dan khawatir apa yang harus dilakukan jika dikonfirmasi positif Covid-19.

Menurut dr. Ferdy D. Tiwow, SH. MS, Chief Executive Officer (CEO) Primaya Hospital Group, masyarakat harus selalu waspada terhadap berbagai gejala yang terjadi.

"Jangan sepelekan gejala batuk, demam, flu, atau nyeri-nyeri yang terjadi di tubuh Anda. Gejala tersebut bisa menjadi indikasi awal potensi terpapar Covid-19," ujar dr. Ferdy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/9/2020).

Dia menjelaskan, pasien yang tidak mengalami gejala Covid-19 tetapi menjadi terindikasi (suspek) atau terkonfirmasi positif Covid-19, dokter akan menentukan apakah pasien dapat melakukan isolasi mandiri di rumah atau harus dirawat di rumah sakit.

Namun, bagi para pasien terindikasi (suspek) atau terkonfirmasi positif Covid-19 tanpa gejala yang disarankan untuk melakukan isolasi mandiri oleh dokter, pasien dapat melakukan konsultasi kesehatan secara online bersama dokter secara rutin.

12 langkah isolasi mandiri

Penyembuhan pasien terindikasi (suspek) atau konfirmasi positif Covid-19 melalui isolasi mandiri di rumah dapat dilakukan dengan efektif jika pasien melakukan panduan yang mengacu pada Centers for Disease Control and Preventiton berikut:

Baca juga: Waspada! Puncak Kenaikan Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Diprediksi hingga Awal Juli 2021

Baca juga: Lonjakan Covid-19 Pasca-Lebaran, 53% Tambahan Kasus Berasal dari Pulau Jawa

Halaman
1234
Editor: Vega Dhini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved