Breaking News:

Rumah Ibadah Ditutup Sementara Selama PPKM Darurat, Ini Kata Ketua DMI Jusuf Kalla

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021, tempat ibadah ditutup sementara.

Editor: Glery Lazuardi
TribunJakarta.com/Annas Furqon Hakim
Mufidah Jusuf Kalla memperbaiki masker suaminya, Jusuf Kalla, saat tengah diwawancarai awak media di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat 3-20 Juli 2021, tempat ibadah ditutup sementara.

Tempat ibadah baik itu masjid, mushola, gereja, pura, vihara dan klenteng serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah ditutup sementara.

"Kita harus terima dengan baik, dengan besar hati, ibadah itu dapat dilakukan di mana-mana, bisa dilakukan di masjid, di rumah, sendiri," ujar Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla, dalam video yang diterima, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Berikut Daftar 7 Daerah di Banten yang Terapkan PPKM Darurat Mulai 3 Juli, Aturan Lebih Ketat!

Baca juga: PPKM Darurat Berlaku Mulai 3 Juli, Wali Kota Tangsel Siapkan Sanksi untuk Warga yang Melanggar

Menurut Kalla, penutupan sementara aktivitas rumah ibadah merupakan salah satu cara untuk menghentikan laju penularan Covid-19.

Ia mengatakan, antisipasi penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan membatasi seluruh kegiatan yang berpotensi menciptakan kerumunan. Misalnya ketika masyarakat menjalani kegiatan keagamaan di rumah ibadah.

"Salah satu tempat di mana orang berkumpul tentu di rumah ibadah, seperti di gereja. Maka peraturan yang keluar dalam rangka PPKM yang baru bahwa rumah ibadah itu sesuatu cara untuk melindungi kita semua," kata Kalla.

Kalla menegaskan, penutupan rumah ibadah merupakan salah satu cara untuk menyelamatkan masyarakat.

Untuk itu, Kalla mengajak agar masyarakat tak lagi berkumpul.

Baca juga: 14 Poin Aturan PPKM Darurat di Jawa dan Bali: WFH 100 Persen, Mal Tutup

Baca juga: Tangsel Akan Terapkan PPKM Darurat, Perkantoran Non Esensial Wajib 100 Persen WFH

Selain itu, Kalla mengatakan, masyarakat juga sudah pernah merasakan ketika pemerintah menutup sementara rumah ibadah pada tahun lalu.

"Dan itu juga berjalan baik, malah Ramadan tahun lalu itu juga masjid-masjid ditutup, begitu juga gereja di hari Minggu. Itulah solusi untuk menyelamatkan dan itu kita terima dengan baik," imbuh dia.

Tulisan ini sudah tayang di Kontan.co.id berjudul Jusuf Kalla: Penutupan tempat ibadah sementara untuk melindungi kita semua

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved