Breaking News:

Selama PPKM Darurat, BI Banten Edarkan Uang Rp 56,59 Miliar per Hari, Naik 33,24% dari Juni 2021

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyalurkan uang Rp 56,59 miliar per hari selama penerapan PPKM Darurat.

Penulis: Amanda Putri Kirana | Editor: Amanda Putri Kirana
TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, Erwin Soeriadimadja. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten menyalurkan uang Rp 56,59 miliar per hari selama penerapan PPKM Darurat.

Jumlah tersebut naik dibandingkan bulan Juni 2021 sebesar 33,24% (month-to-month).

Sementara rata-rata penyetoran uang tunai dari perbankan yang masuk secara harian melambat 20,48 persen (mtm) dari Rp 16,76 miliar menjadi Rp 13,32 miliar pada Juni 2021.

Hal itu disampaikan oleh Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja, melalui rilis yang diterima TribunBanten.com, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: Bank Indonesia Banten Luncurkan TP2DD di Kabupaten Serang Guna Maksimalkan PAD

Baca juga: Pemprov Banten-Bank Indonesia Bentuk Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Banten

"Perkembangan yang terjadi mencerminkan bahwa aktivitas ekonomi Banten di masa PPKM Darurat terus bergulir naik," katanya.

Erwin menjelaskan, kenaikan penyaluran uang salah satunya ditopang oleh kinerja sektor industri kritikal dan sektor esensial lainnya.

Tetap kuatnya sektor industri tersebut diindikasikan oleh perkiraan Prompt Manufacturing Index (PMI) di Banten sebesar 53,75% atau telah melewati threshold ekspansi.

Di tengah PPKM Darurat, Erwin mengatakan pihaknya akan terus menjaga dan mengawal tugas-tugas pengedaran uang ke masyarakat di Provinsi Banten.

Tujuannya, agar uang yang beredar dapat terjaga kualitasnya dan masyarakat tetap mudah dalam menarik/setor di ATM.

Selanjutnya, Erwin menekankan tiga langkah strategis untuk menjaga kelancaran pembayaran serta memfasilitasi kegiatan perekonomian selama PPKM Darurat.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved