Breaking News:

Menko PMK Sidak Gudang Bulog Lebak-Pandeglang, Ketahuan Kualitas Beras Bansos Sangat Rendah

Muhadjir menjelaskan, rendahnya kualitas beras di Pandeglang terjadi karena alat penggilingan hasil produksi petani belum dimodernisasi secara utuh.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Bulog Subdivre Lebak-Pandeglang di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Jumat (6/8/2021). 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Perum Bulog Subdrive Lebak-Pandeglang di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Jumat (6/8/2021).

Sidak dilakukan menyusul adanya kejadian beras bansos untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak PPKM Level di Lebak dan Pandeglang, dalam kondisi berbau dan menggumpal bak beras batu

Muhadjir pun memeriksa beberapa sampel beras di karung yang disimpan di gudang Bulog itu.

Dari pengecekkan itu, Muhadjir mengakui kualitas beras di gudang Bulog terbilang masih sangat rendah kendati masuk jenis medium.

Baca juga: Geger, warga Pandeglang Terima Beras Bansos PPKM dalam Kondisi Busuk dan Menggumpal

Baca juga: Selain di Pandeglang, Warga di Lebak Juga Dapat Beras Bansos Keadaan Busuk

"Kalau dibandingkan dengan beberapa tempat yang saya kunjungi, ada lebih dari lima lokasi baik di Jawa maupun di luar Jawa, beras di sini memang perlu ditingkatkan kualitasnya," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Bulog Subdivre Lebak-Pandeglang di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Jumat (6/8/2021).
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang Bulog Subdivre Lebak-Pandeglang di Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, Jumat (6/8/2021). (Istimewa)

Muhadjir menjelaskan, rendahnya kualitas beras di Pandeglang terjadi karena alat penggilingan hasil produksi petani belum dimodernisasi secara utuh.

"Tadi, Bupati sudah sampaikan hasil panen di sini surplus. Artinya, ada yang bisa dijual keluar dan agar mampu bersaing, maka harus bagus alatnya,"tuturnya.

Baca juga: Tanggapi Soal Temuan Beras Bansos yang Busuk di Pandeglang, Muhadjir Effendy Sebut Sudah Ditarik

"Sebetulnya gabahnya sudah bagus, tapi penanganan pasca-panennya harus diperbaiki, pemilik mesin gilingnya juga mengakui mesinnya di sini perlu diperbarui," sambungnya.

Warga warga Kampung Ciherang, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, geger karena beras bantuan sosial dari pemerintah diterima dalam kondisi busuk dan menggumpal, pada Kamis (5/8/2021).
Warga warga Kampung Ciherang, Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, geger karena beras bantuan sosial dari pemerintah diterima dalam kondisi busuk dan menggumpal, pada Kamis (5/8/2021). (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

Kemenko PMK nantinya berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian mengenai diperlukannya alat penggilangan canggih yang mampu menghasilkan produksi beras berkualitas baik di Pandeglang.

"Termasuk alat pengering, mungkin perlu ada alat modernisasi. Di sini tadi ada laporan ribuan ton hasil panen yang tidak bisa dibeli oleh Bulog karena ada problem dari pengeringan," sambungnya.

Baca juga: Siap-siap, Nakes hingga Pasien Covid-19 di Kota Tangerang Diberi Asupan 3 Ton Telur

  

Muhadjir menambahkan, dari penjelasan pihak Bulog diketahui temuan beras bansos berbau dan menggumpal di Lebak dan Pandeglang terjadi karena terkena hujan dalam pengiriman.

Namun, pihak Bulog telah menarik kembali beras rusak itu dan mengganti dengan beras kualitas lebih baik serta salurkan melalui PT Pos Cabang Pandeglang.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved