Breaking News:

Virus Corona di Banten

700 Pasien Kanker di Tangerang Terima Vaksin Covid-19 untuk Pertama Kalinya

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk penyintas kanker digelar untuk pertama kalinya di wilayah Kabupaten Tangerang, Minggu (8/8/2021).

Penulis: Yudhi Maulana A | Editor: Yudhi Maulana A
TribunBanten.com/Marteen Ronaldo
ILUSTRASI - Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Pendopo Bupati Lebak, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu (21/7/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk penyintas kanker digelar untuk pertama kalinya di wilayah Kabupaten Tangerang, Minggu (8/8/2021).

Vaksinasi massal tersebut dilaksanakan di The Spring Club Summarecon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Dari total 1.300 peserta vaksinasi, 700 di antaranya merupakan pasien kanker.

Acara yang diadakan oleh pihak TNI tepatnya Kodam Jaya dan Kodim 0510 Tigaraksa, bekerja sama dengan Summarecon, Pemkab Tangerang dan Perhimpunan Dokter Bedah Onkologi Indonesia (Peraboi) itu dimulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Mulyo Aji, mengatakan sebelumnya, vaksinasi Covid-19 bagi pasien kanker sudah pernah diadakan di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Jakarta Barat, namun sangat sedikit pesertanya dan tidak dalam kapasitas massal.

Baca juga: Ingin Vaksinasi Covid-19 tapi Tak Punya NIK? Berikut Cara Daftar dan Syarat Mendapat Vaksin

"Bagi saya adalah sesuatu yang luar biasa karena pagi ini di Tangerang ini, ada 700 orang itu adalah pasien kanker yang berani datang ke sini."

"Mengapa saya sampaikan berani, karena beliau-beliau yang notabene punya penyakit kanker, itu mereka yakin dengan kondisi di sini," kata Mulyo Aji usai memantau langsung jalannya vaksinasi.

Mulyo Aji mengatakan, karena vaksinasi pasien kanker ini yang pertama, pesertanya datang dari luar wilayah, bukan hanya dari Tangerang.

"Kalau tadi dilihat yang pakai kartu merah itu mereka yang kena kanker yang terpisah, mereka adalah rentan terhadap Covid-19, maka jumlah yang sampai 700 pendaftar ini luar biasa, sampai dari Bogor saja datangnya kesini hanya untuk vaksin," ujarnya.

Vaksinasi Covid-19 memang hal yang baru bagi pasien kanker.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved