Breaking News:

Jembatan Muhara Akses ke Negeri di Atas Awan Roboh, Jubir Gubernur: Akhir 2021 Selesai Dibangun

Pemerintah Provinsi Banten menganggarkan dana sebesar Rp 160 Miliar untuk Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Ruas Jalan Cipanas-Warung Banten

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/MARTEENRONALDOPAKPAHAN
Jembatan Muhara di Kabupaten Lebak 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, BANTEN - Pemerintah Provinsi Banten menganggarkan dana sebesar Rp 160 Miliar untuk membangun Jembatan Muhara.

Pemerintah Provinsi Banten sedang berupaya melakukan Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Ruas Jalan Cipanas-Warung Banten Tahun Anggaran 2021. Di antaranya, yaitu Jembatan Muhara yang masuk dalam bagian 12 jembatan di paket itu.

Rencananya, Jembatan Muhara itu akan selesai dibangun kembali pada akhir tahun 2021.

Sebelumnya, Jembatan Muhara yang berada di Kampung Muhara, Desa Ciladaeun, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, itu kembali terputus usai dihantam hujan lebat dan luapan Sungai Ciberang, pada Senin (9/8/2021).

Juru Bicara Gubernur Banten Ujang Giri mengatakan Pemprov Banten telah mengintruksikan kepada Kepala PUPR Banten untuk mengeksekusi pembangunan jembatan tersebut.

"Gubernur telah mengintruksikan pembangunan permanen dan kuat serta memiliki daya tahan yang bagus akan segera dijalankan. Target kita rampung akhir tahun 2021 ini," kata dia, saat dihubungi, pada Rabu (11/8/2021).

Baca juga: Roboh Akibat Diterjang Banjir, Gubernur Banten Instruksikan Dinas PUPR Bangun Jembatan Mahura

Baca juga: Kronologi Jembatan Muhara di Lebak Putus Diterjang Banjir, Jalur Vital Warga Terganggu

Berdasarkan informasi yang dihimpun TribunBanten.com, Jembatan Muhara merupakan jembatan utama bagi orang-orang untuk menuju ke tempat wisata Negeri Diatas Awan, Gunung Luhur, Citorek.

Jembatan itu pernah dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar lantaran sempat terputus akibat banjir bandang pada tahun 2020 yang lalu.

Kini, jembatan tersebut kembali terputus dan menutup akses untuk menuju lokasi gunung luhur bagi kendaraan roda dua dan empat.

Dia memastikan pelayanan umum berupa akses jalan dan jembatan akan terus dilakukan perbaikan agar masyarakat dapat menikmati proses pembangunan Pemprov Banten.

Dia meminta agar masyarakat dapat lebih bersabar kembali untuk pembangunan Jembatan Muhara tersebut.

"Komitmen Pemprov dan Gubernur tentunya tidak perlu ditanyakan kembali. Karena pekan ini saja kita sudah akan melakukan perbaikan jembatan tersebut," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved