Breaking News:

PPKM di Banten

Banten Tak Lagi PPKM Level 4, Boleh Belajar Tatap Muka Terbatas, Ini Syaratnya!

Untuk pertama kali sejak penerapan PPKM di Pulau Jawa-Bali, tidak ada satu kabupaten-kota di Banten masuk kategori PPKM Level 4.

Editor: Glery Lazuardi
Tribunbanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Suasana hari pertama Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada masa PPKM Level 3 pandemi Covid-19, di SD Negeri 1 Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, Rabi (18/8/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM - Untuk pertama kali sejak penerapan PPKM di Pulau Jawa-Bali, tidak ada satu kabupaten-kota di Banten masuk kategori PPKM Level 4.

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 35 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dua kabupaten di Banten masuk kategori wilayah PPKM Level 2. Yaitu, Kabupaten Serang dan Kabupaten Lebak.

Sedangkan, enam kota-kabupaten lainnya masuk dalam kategori wilayah PPKM Level 3. Yaitu, Kota Cilegon, Kota Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang.

Baca juga: Aturan Baru di Kantor, Mal, Kafe hingga Tempat Ibadah saat Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Baca juga: PPKM Kembali Diperpanjang, Berikut Daftar Kabupaten & Kota di Banten yang Telah Berstatus Level 2-3

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, mengatakan wilayah penerapan PPKM Level 1-3 boleh menggelar pembelajaran tatap muka terbatas (PTM).

"PPKM level 1,2,3 boleh PTM terbatas,” kata Nadiem dalam paparannya dalam rapat dengan Komisi X DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (23/8/2021).

Untuk menggelar PTM, kata dia, vaksinasi guru dan murid bukan syarat pembukaan sekolah. Sebab, dia menegaskan yang menjadi kriteria hanya level PPKM.

“Vaksinasi bukan kriteria pembukaan sekolah, kondisi untuk membuka sekolah dia ada di PPKM level 1.2,3, itu saja. Tapi vaksinasi guru jadi kewajiban untuk tatap muka. Kalau guru sudah vaksin dia wajib memberi opsi tatap muka,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, mengatakan fokus pemerintah saat ini mengembalikan anak-anak ke metode PTM.

"Dengan cara yang paling aman yakni disiplin protokol kesehatan," kata dia dalam keterangannya, yang dikutip Senin (23/8/2021).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved