Breaking News:

Mulai Besok, Pengguna KRL Stasiun Tanah Abang-Rangkasbitung Hanya Perlu Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Mulai besok KAI Commuter memberlakukan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk menggunakan KRL

TribunBanten.com/Desi Purnamasari
KRL saat berhenti di Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Senin (21/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Penggunaan surat vaksinasi Covid-19 mulai diberlakukan bagi pelanggan KRL Commuter Line tujuan Stasiun Tanah Abang-Rangkasbitung, Selasa (7/9/2021).

Pemberlakuan tersebut juga akan mulai diterapkan di stasiun Jabodetabek lainnya.

Pemberlakuan itu setelah adanya Surat Edaran Satgas Covid-19 Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021 Tentang Perubahan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada masa Pandemi Covid-19.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Line, Anne Purba, mengatakan untuk perjalanan transportasi darat KRL Commuter Line untuk wilayah Jabodetabek, mulai Rabu (8/9/2021), tidak perlu menunjukkan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

Baca juga: Jadwal KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Normal, Pemkab Lebak: KA Jadi Urat Nadi Pemulihan Ekonomi

"Mulai besok KAI Commuter memberlakukan sertifikat vaksin sebagai syarat untuk menggunakan KRL," katanya saat dihubungi, Selasa.

Namun, pihaknya akan mencoba menyosialisasikan terlebih dahulu pada Rabu hingga Jumat (10/9/2021).

Menurut Anne, sertifikat vaksin nantinya dapat diperlihatkan kepada petugas yang berada di lapangan, dengan melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat dicetak atau dalam bentuk file.

Setelah itu, petugas keamanan akan mengecek sertifikat vaksin pengguna KRL dengan data NIK yang berada di KTP sebelum masuk ke dalam stasiun.

Baca juga: Simak Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun KRL, Beserta Link Pendaftarannya!

"Setidaknya dosis pertama, selanjutnya mulai Sabtu, dokumen perjalanan, yaitu STRP, surat tugas, surat keterangan kerja, dan surat dari pemerintah setempat sudah tidak berlaku lagi sebagai syarat untuk naik KRL," ucapnya.

Adapun bagi para pengguna KLR Commuter Line yang tidak divaksin dengan alasan medis, dapat menunjukkan surat keterangan resmi dari pihak rumah sakit atau puskesmas.

Setelah dokumen dinyatakan sesuai dan lengkap, pengguna tersebut dapat menggunakan KRL Commuter Line untuk perjalanan sehari-hari.

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada pengguna mengunduh PeduliLindungi, sebelum masuk ke dalam stasiun dan pastikan dalam keadaan normal.

Baca juga: Perjalanan KRL Tanah Abang-Rangkasbitung Kembali Normal, Ini Pertimbangan Bupati Lebak

"Para pengguna selanjutnya dapat memindai kode QR di area masuk stasiun dengan aplikasi untuk melakukan check in. Bila syarat vaksinasi sudah sesuai, akan terlihat warna hijau," katanya.

Nantinya, sesampai di stasiun tujuan, pengguna yang telah terindetifikasi dengan aplikasi tersebut, tidak perlu melakukan check out kembali.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved