Breaking News:

Termasuk Tol Tangerang-Merak, Berikut Ruas Jalan yang Akan Diterapkan Ganjil Genap Mulai 20 Desember

Mulai 20 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bakal menerapkan kebijakan ganjil genap.

Editor: Glery Lazuardi
Warta Kota/Andika Panduwinata
Jalan tol Tangerang-Merak siap melayani pengguna jalan pada momen Libur Panjang Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021. Meski di masa pandemi, momen ini diprediksi akan dimanfaatkan masyarakat untuk mudik maupun berlibur. 

TRIBUNBANTEN.COM - Mulai 20 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan bakal menerapkan kebijakan ganjil genap.

Kebijakan ganjil genap itu berlaku bagi kendaraan pribadi di sejumlah ruas jalan tol.

Upaya penerapan ganjil genap itu sebagai salah satu langkah membatasi kegiatan masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi pada periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Baca juga: Jelang Nataru, Truk ODOL di Tol Tangerang-Merak Bakal Ditindak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim kebijakan ganjil-genap yang akan diterapkannya bakal menurunkan pergerakan kendaraan pribadi sampai 30 persen.

"Biasanya kalau diterapkan ganjil genap, pergerakan bisa turun sampai 30 persen," kata Budi Karya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Dia mengungkapkan sejumlah ruas jalan tol yang akan diterapkan sistem ganjil genap selama periode Nataru tersebut.

Itu antara lain ruas jalan tol Tangerang-Merak, Bogor-Ciawi-Cigombong, Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Selain jalan tol, Budi Karya menyebut, sistem ganjil-genap juga akan diterapkan di wilayah aglomerasi, Ibukota Provinsi, area tempat wisata, dan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadinya peningkatan pergerakan masyarakat.

"Selain manajemen angkutan umum, juga perlu diwaspadai potensi pergerakan dengan mobil pribadi dan motor. Jumlahnya sangat banyak dan relatif susah dikendalikan," ucap dia.

Kepada Pemerintah Daerah, Budi meminta untuk melakukan kebijakan manajemen rekayasa lalu lintas sesuai kebutuhan dan masing-masing daerah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved