Breaking News:

Ajak Negara G20 Berkolaborasi Dukung Transisi Energi, Dirut PLN: Indonesia Punya Program ETM

perlu langkah kolaborasi bersama karena emisi karbon yang dihasilkan Indonesia tetap akan berpengaruh pada dunia

dokumentasi PLN
PLN memastikan kepada dunia, bahwa berinvestasi di Indonesia, khususnya proyek energi, bisa memberikan keuntungan menarik. 

TRIBUNBANTEN.COM - Banyak langkah yang dilakukan PLN dalam upaya mengurangi emisi karbon.

Namun, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, mengatakan transisi energi tidak bisa dilakukan sendiri oleh PLN.

PLN pun memastikan kepada dunia, bahwa berinvestasi di Indonesia, khususnya proyek energi, bisa memberikan keuntungan menarik.

Upaya keterlibatan global dalam proyek transisi energi di Indonesia juga sejalan dengan cita-cita dunia dalam mencapai Carbon Neutral 2060.

Baca juga: Profil Joice Lanny Wantania, Pemimpin Keandalan Pasokan Listrik di IKN, Siap Terapkan Emak Style

"Peran serta global dalam mewujudkan target carbon neutral sangat penting," katanya dalam Gala Seminar G20 Side Event Series bersama perwakilan PBB, Bank Standard Chartered, dan International Finance Corporation (IFC).

Menurut Darmawan, perlu langkah kolaborasi bersama karena emisi karbon yang dihasilkan Indonesia tetap akan berpengaruh pada dunia.

Dia memahami perlu iklim investasi yang mendukung jika pasar global ingin terlibat dalam proyek transisi energi di Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan sudah mendeklarasikan Energi Transition Mechanism (ETM) yang menjadi satu di antara instrumen pembiayaan untuk proyek transisi energi.

"Kita perlu membangun lingkungan yang kondusif untuk investasi dengan kontrak yang fair dan bisa menjamin keuntungan bersama. Indonesia sudah punya program ETM. Kita ajukan skema investasi hijau yang menguntungkan secara komersial," ucap Darmawan.

UN Special Envoy for Climate Action and Finance, Mark Carney, mengatakan negara G20 menjadi satu di antara pemegang kendali dalam berhasilnya target pengurangan emisi karbon secara global.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved