Breaking News:

Denda Dihapus, Pembayar Pajak Kendaraan di Lebak Meningkat 350 Orang Per Hari

Pembayar pajak kendaraan di kantor UPTD Samsat Rangkasbitung, Kabupaten Lebak meningkat.

Penulis: Nurandi | Editor: Glery Lazuardi
nurandi
Pembayar pajak kendaraan di kantor UPTD Samsat Rangkasbitung, Kabupaten Lebak 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Pembayar pajak kendaraan di kantor UPTD Samsat Rangkasbitung, Kabupaten Lebak meningkat.

Hal ini setelah diberlakukan kebijakan Program Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Program tersebut berlangsung dari tanggal 18 Agustus hingga 31 Desember 2022.

Baca juga: Hacker Bjorka Bongkar Data Puan, Erick Thohir & Denny Siregar, Sindir BBM Naik-Nikmati Uang Pajak  

Kepala UPTD Samsat Rangkasbitung Herman mengatakan biasanya dalam sehari Kantor Pelayanan Samsat hanya ada 200 pembayar pajak tetapi dimulai saat ini sudah ramai.

"Untuk sekarang setelah adanya program penghapusan pajak, pembayar pajak meningkat hingga 350 orang dalam sehari," katanya saat dihubungi TribunBanten.com, Kamis (15/9/2022).

Dirinya menyebutkan program penghapusan tersebut tertuang pada Peraturan Gubernur Nomor 24 tahun 2022 tentang tentang pengurangan pokok atau penghapusan sanksi administrasi atau denda pajak.

"Jadi Pergub ini berlaku hingga 31 Desember 2022, dalam upaya untuk pemulihan ekonomi masyarakat Banten yang kini baru saja terbebas dari Pandemi Covid-19," ujarnya.

Dalam Pergub yang sudah diluncurkan tersebut oleh Pemprov, bukan hanya penghapusan denda pajak, namun juga memberikan keringanan lainnya yakni pengurangan pokok pajak kendaraan bermotor (PKB) sebanyak 20 persen, untuk kendaraan mutasi yang masuk dari luar Provinsi Banten.

Menurut Herman dari tiga gerai Samsat yang ada di Kabupaten Lebak, diantaranya di Kecamatan Cipanas, Gunung Kencana dan Maja serta Gerai Samsat Drive Thru yang dibuka setiap sore hingga malam di Jalan Sunan Kalijaga, Rangkasbitung warga Lebak sangat patuh dalam membayar pajak.

"Masyarakat sangat patuh, saat pelayanan gerai Drive Thru, banyak warga membayar pada malam hari. Mungkin masyarakat yang baru beres menyelesaikan pekerjaannya, baru sempat membayar," katanya.

Baca juga: Realisasi Penerimaan Pajak Daerah di Lebak Meningkat 70 Persen, 3 Sumber Ini Penyumbang PAD Terbesar

Dirinya juga mengajak kepada masyarakat, untuk memanfaatkan program Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), yang berlaku hingga 31 Desember 2022.

"Apalagi saat ini semakin mudah ya pembayarannya, dengan tersedianya aplikasi Samsat Digital Nasional alias Signal," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved