Breaking News:

Tips Kesehatan

Apakah Bawang Merah Bisa Sembuhkan Flu Pada Bayi, Ini Kata dr Puni Oktisari

Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr Puni Oktisari mengatakan tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu.

Editor: Abdul Rosid
Istimewa
Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr Puni Oktisari mengatakan tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu. 

TRIBUNBANTEN.COM - Bawang merah seringkali menjadi andalan jika bayi terserang flu. Ada beberapa metode tradisional dengan memanfaatkan bawang merah untuk bayi. Namun, apakah cara ini efektif dan aman?

Cara mengobati flu pada bayi dengan bawang merah yang biasanya dilakukan adalah menaruhnya di dalam ruangan.

Beberapa orang beranggapan bahwa aroma bawang dapat membersihkan ruangan dengan mematikan virus dan bakteri.

Disinyalir bahwa bawang mengandung sulfur yang berperan dalam membunuh bakteri dan virus di ruangan.

Baca juga: Bunda Wajib Tahu, Ini Ciri dan Tanda Bayi Diare yang Harus Diwaspadai

Namun, hal itu sebenarnya adalah mitos. Sebab, batuk pilek pada anak bisa disebabkan alergi dan infeksi.

"Ini adalah mitos bahwa bawang merah dapat menghilangkan flu pilek pada anak," kata Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr Puni Oktisari SpA saat edukasi bertajuk Mitos dan Fakta pada Anak via live Instagram, Rabu (23/11/2022).

Ia menerangkan tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu.

Memberikan bawang, lanjut dia, hanya membantu memberi kehangatan dan kenyamanan sementara pada anak.

"Dan Fakta yang benar bahwa batuk pilek pada bayi atau anak, yang tidak diobati segera, dapat beresiko pneumonia," kata Puni melanjutkan.

Pada kesempatan itu, Puni menyinggung tentang Air Susu Ibu atau ASI sebagai sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr Puni Oktisari mengatakan tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu.
Dokter Spesialis Anak Siloam Hospitals Semarang, dr Puni Oktisari mengatakan tak ada satupun kandungan di bawang merah dapat menyembuhkan flu. (Freepik)

Air susu ibu diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin dan oksitosin setelah kelahiran bayi.

Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit.

Menyusui bayi dari ibunya sendiri adalah cara yang paling umum untuk memperoleh ASI, tetapi ASI dapat dipompa dan kemudian disusui dengan botol bayi, cangkir dan/atau sendok, sistem tetes suplementasi, atau selang nasogastrik.

Puni mengatakan, pemberian ASI secara langsung kepada bayi merupakan hal terbaik meskipun pemberian ASI secara tidak langsung dapat dilakukan.
"Hanya saja ketika ASI disimpan, para ibu harus mengetahui caranya, melalui panduan yang akan disampaikan ketika melakukan konsultasi bersama dokter," tutur Puni yang merupakan seorang konselor laktasi ini.

Baca juga: Tidak Perlu Dibawa ke Dokter, Ini Cara Mengobati Batuk pada Anak saat Malam Hari

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved