Breaking News:

Polda Banten Gagalkan Penyelundupan Narkoba Lintas Provinsi

Pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten menggagalkan penyelundupan narkoba lintas provinsi.

Istimewa
Press Conference Ungkap Kasus dan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten 

TRIBUNBANTEN, BANTEN - Pihak Direktorat Reserse Narkoba Polda Banten menggagalkan penyelundupan narkoba lintas provinsi.

Sebanyak lima orang pelaku diamankan dan disita 144 kilogram ganja.

"Pergerakan dari wilayah Aceh menuju Jakarta melintasi Banten," kata Kapolda Banten, Inspektur Jenderal Fiandar, saat melakukan konferensi pers di Mapolda Banten, Rabu (19/8/2020).

Polisi Tetapkan Catherine Wilson sebagai Tersangka Kasus Penyalahgunaan Narkoba

Anak Pejabat Pemkot Tangerang Ditangkap Karena Diduga Gunakan Narkoba

Kapolda Banten, Inspektur Jenderal Fiandar menjelaskan, pengungkapan kasus itu berawal dari penangkapan terhadap salah satu tersangka berinisial MT (40) dan LA (29) di rest area Bogeg, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (5/8/2020).

Menurut Kapolda Banten, Inspektur Jenderal Fiandar, pelaku menyelundupkan narkotika berjenis ganji tersebut ke salah satu truk pengiriman barang gula yang akan dikirimkan ke Tangerang.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Banten, Komisaris Besar Susatyo Purnomo Condro mengungkapkan bagaimana cara pelaku menyelundupkan ganja.

Susatyo Purnomo Condro menjelaskan ganja itu dimasukan ketiga karung besar yang diselipkan di dalam tumpukan gula.

"Diselipkan di truk. Memang dalam situasi Covid ini polisi memberikan pelayanan bagi sembako agar cepat diantar kepada masyarakat, namun disalahgunakan oleh para pelaku untuk menyisipkan narkoba tersebut dalam truk," kata Susatyo Purnomo Condro.

BMKG Umumkan Peringatan Dini untuk Provinsi Banten

Curhat Soal Kegiatan Belajar Mengajar, Gubernur Banten Wahidin Halim: Jangan Korbankan Siswa Didik

Saat penggeledahan pertama, kedua tersangka yang diamankan adalah MT dan LA yang merupakan warga Lampung. Tim dari Polda kemudian mengincar ke penerima di wilayah penjemputan ganja di Cikupa Tangerang.

Polda Banten
Press Conference Ungkap Kasus dan Pemusnahan Barang Bukti Narkoba Direktorat

Kemudian telah menunggu tiga tersangka lain atas inisial FA (22) dan RP (20) sebagai penjemput barang di wilayah Tangerang. Penerima terakhir merupakan warga Jakarta inisial RF (25) yang kemudian ditangkap di Jalan Pramukasari, Jakarta Pusat.

"Para tersangka ternyata menggunakan modus ketika barang sudah akan diambil, diserahkan kunci mobil, kemudian disuruh mengisi kedaraannya nanti baru diambil lagi oleh penerima sehingga sel (jaringan) terputus antara pengirim, kurir dan penerima," ujar Susatyo Purnomo Condro.

Para tersangka diancam Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 111 ayat (2), Pasal 132 ayat (2) UU tentang Narkotik. Ancaman hukuman bagi pelaku maksimal pidana mati.

(Martin Ronaldo Pakpahan)

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved