Breaking News:

Arus Lalu Lintas

Evaluasi Arus Lalu Lintas Long Weekend, Situasi Jalanan DKI Jakarta dan Sekitarnya Ramai-Lancar

Situasi arus mudik-balik libur akhir pekan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya terpantau ramai lancar

istimewa
Korps Lalu Lintas Polri melakukan evaluasi arus lalu lintas libur akhir pekan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya 

TRIBUNBANTEN, JAKARTA - Situasi arus mudik-balik libur akhir pekan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya terpantau ramai lancar.

Kakorlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi, Istiono melakukan patroli memantau ruas tol Jakarta-Cikampek.

Istiono didampingi Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksa , Wadirlantas Polda Jabar AKBP Ahmad Fuady dan Wakapolres Karawang Kompol Faisal Pasaribu.

Menurut Istiono, kondisi arus kendaraan menuju Jakarta terpantau ramai-lancar.

"Jadi kita lihat di KM 62 ini, ramai lancar. Jadi hanya tinggal 10 persen dan 8 persen kendaraan yang belum kembali ke Jakarta pada hari Minggu," ujarnya, Senin (24/8/2020) malam.

Tengah Malam, Wanita Minta Tolong, Dibawa ke Mobil Polisi

Kondisi arus lalu lintas libur panjang Tahun Baru Islam yang terpantau aman dan lancar tidak terlepas dari peranan Polri menerapkan manajemen lalu lintas dan antisipasi yang baik.

Pakar bidang Psikologi Lalu Lintas (traffic psychology) dari Universitas Indonesia, Guritnaningsih P. Santoso, mengatakan peningkatan kualitas kerja Korlantas dalam mengatur lalu lintas semakin kuat.

"Saya kira komitmen Korlantas untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan di jalan raya, serta ketertiban dalam berkendara sudah semakin kuat," ujarnya.

Drummer Band J-Rocks dan Tiga Rekannya Ditetapkan Tersangka dan Ditahan Polisi

Selain itu, indikator yang mendorong kondisi lalu lintas berjalan dengan lancar juga dikarenakan telah terjalinnya Koordinasi yang baik antar jajaran di institusi Kepolisian yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas tersebut sehingga setiap kebijakan-kebijakan selalu kompak dijalankan dengan maksimal.

"Hal itu tentunya terbentuk dengan adanya kebijakan yang secara internal Korlantas disosialisasikan ke jajaran Korlantas di daerah," kata dia.

Guritnaningsih menilai bentuk kepemimpinan yang baik secara bersedia memantau secara langsung kondisi lalu lintas telah ditunjukkan oleh Kakorlantas sehingga menularkan semangat kerja yang tinggi kepada petugas yang bekerja siang malam.

Oknum Polisi Diduga Meras Wisatawan, Terungkap Setelah Rekaman Video Viral, Bagaimana Kisahnya?

"Keterlibatan pimpinan yang ikut terjun ke lapangan saya kira juga pegang (punya) peranan," ujarnya.

Sementara itu, Varhan Abdul Azis Sekretaris Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW), menilai sejumlah pihak terkait mampu berkoordinasi untuk menjaga lancarnya lalin arus balik liburan panjang Tahun Baru Islam.

“Dalam waktu berdekatan kita ada 3 Libur panjang, Libur Idul Adha, 17 Agustusan dan Tahun Baru Islam, Polri khususnya Korlantas mampu antisipasi dan bersinergi dengn Kemenhub dan Dishub daerah dan membuat arus lalin lancar, ini harus diapresiasi," tambah Varhan Abdul Azis.

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved