Breaking News:

Virus Corona di Banten

Diduga Klaster Baru Covid-19 di Banten Hingga Berstatus Zona Oranye Disebabkan Kelompok Ini

Data terkini, per Rabu (26/8/2020), pemerintah pusat melaporkan jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Banten sebanyak 2.666 orang.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Warga berbelanja pakaian dari pedagang kaki lima di atas trotoar Jalan Jati Baru Raya kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2020). Kawasan niaga itu sebelumnya telah tutup selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyusul pandemi Covid-19. 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Wakil Gubernur Andika Hazrumy mengatakan pemberlakuan peraturan wajib menggunakan masker di Banten tidak terlepas munculnya sejumlah klaster baru kasus Covid-19.

Klaster-klaster itu tertular di antaranya dari aktivitas warga carrier corona dan silent carrier corona yang keluar masuk wilayah Banten.

"Dengan dibukanya sarana transportasi, kemudian perekonomian sudah dibuka juga, itu menyebabkan penambahan kasus," kata Andika di Kota Serang, Banten, Rabu (26/8/2020).

Pandemi Covid-19, Ribuan Pekerja di Tangerang Terpaksa Dirumahkan

238 Karyawan Pabrik LG Electronics di Jabodetabek Ini Tertular Covid-19, Ini Awal Mulanya

Wakapolda Banten Brigjen Pol Wirdhan Denny berpamitan usai bertemu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di kantor dinas Wagub Banten, Kota Serang pada Kamis (20/8/2020).
Wakapolda Banten Brigjen Pol Wirdhan Denny berpamitan usai bertemu Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di kantor dinas Wagub Banten, Kota Serang pada Kamis (20/8/2020). (Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan)

Carrier corona adalah orang yang memiliki atau terinfeksi virus corona tapi tidak bergejala alias asimtompatis.

Sedangkan, silent carrier corona adalah pembawa virus corona dan tidak mengetahui dirinya membawa virus tersebut.

Andika menjelakan, Banten sempat masuk zona kuning Covid-19 pada awal Agustus 2020.

Namun, beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus Covid-19 hingga membuat wilayah Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan) masuk zona oranye.

Data terkini, per Rabu (26/8/2020), pemerintah pusat melaporkan jumlah kasus Covid-19 di Provinsi Banten sebanyak 2.666 orang.

Oleh karena itu, perlu penegakan peraturan protokol kesehatan, di antaranya kewajiban menggunakan masker, agar tidak terus terjadi penyebaran virus corona yang membuat kasus Covid-19 bertambah di Banten.

"Sambil kita menunggu instruksi pusat mempersiapkan vaksin bagi masyarakat," kata dia.

(Tribuners/Martin Ronaldo Pakpahan)

Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved