Breaking News:

Virus Corona di Banten

Jangan Sembunyi, 4.000 ASN di Kota Serang akan Di-swab Massal

Langkah ini diambil menyusul pernyataan Gubernur Banten Wahidin Halim tentang adanya klaster baru kasus Covid-19 di antara ASN di wilayah Banten.

Tribunbanten.com/Zuhirna Wulan Dilla
Sejumlah PNS mengantre sebelum menjalani rapid test dan swab test di kantor Pemkot Tangerang Selatan, Selasa (15/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Pemerintah Kota Serang dalam waktu dekat akan melakukan swab test massal terhadap 4.000 Aparatur Sipil Negara atau ASN (PNS dan pegawai pemerintah dengan kontrak) di lingkungannya.

Langkah ini diambil menyusul pernyataan Gubernur Banten Wahidin Halim tentang adanya klaster baru kasus Covid-19 di antara ASN di wilayah Banten.

"Untuk pelaksanaan tergantung perencanaan dari Dinas kesehatan yang akan diberikan kepada Gugus Tugas. Tapi pasti akan dilakukan, tinggal teknisnya di Dinkes," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Serang, Hari Pamungkas, saat ditemui di Kantor Diskominfo Kota Serang, Banten, Rabu (16/9/2020).

Hari Pamungkas mengatakan swab massal tersebut juga diharapkan dapat mendeteksi dan menekan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Serang.

Selain ASN, Pemkot Serang juga akan melaksanakan swab massal terhadap masyarakat.

Terjadi Klaster Baru Covid-19, Gubernur Banten Minta Masyarakat dan Kepala Daerah Solid

Tangsel Sudah Zona Merah, Ratusan PNS Di-rapid Test dan Swab Massal

 

Ilustrasi petugas tengah mengambil sampel swab.
Ilustrasi petugas tengah mengambil sampel swab. (KOMPAS.COM/FARIDA)

Pemkot Serang tengah melakukan percepatan swab test untuk mengejar rasio standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni satu persen dari jumlah penduduk.

Saat ini, swab test di Kota Serang masih sekitar 2.200 spesimen atau jauh dari 1 persen jumlah penduduk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal, langsung menolak saat hendak dikonfirmasi  rencana ini melalui sambungan telepon.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved