Breaking News:

Cerita Guru Honorer di Tangerang, Berjuang di Tengah Keterbatasan, Dituntut Berinovasi Saat Pandemi

Belasan ribu guru honorer di Kabupaten Tangerang masih dipertanyakan kesejahteraannya selama pandemi Covid-19.

istimewa
Kegiatan belajar mengajar di sekolah Kabupaten Serang, Selasa (1/9/2020) 

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN TANGERANG - Belasan ribu guru honorer di Kabupaten Tangerang masih dipertanyakan kesejahteraannya selama pandemi Covid-19.

Terdata, ada sebanyak 14 ribu guru honorer di Kabupaten Tangerang yang mempunyai permasalahan soal kesejahteraan imbas dari Covid-19.

Baca juga: Syarat & Cara Daftar Guru,Dosen, Tenaga Kependidikan Non PNS Bisa Peroleh BSU Rp 1,8 Juta,

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Tangerang, Bibing Sudarman, menceritakan, para guru harus berjibaku memenuhi kebutuhan sehari-hari mengajar di sekolah swasta dan negeri selama pandemi.

"Jumlah guru honorer di PGRI Kabupaten Tangerang ada 14 ribu orang, baik sekolah swasta maupun negeri. Kalau swasta itu kondisinya yang dimana keuangan mereka berasal dari orang tua murid," cerita Bibing saat dihubungi, Jumat (27/11/2020).

Untuk menambah kebutuhan sehari-hari, guru honorer di Kabupaten Tangerang banyak yang inisiatif membuka kelas tambahan secara daring.

Namun, menurut Bibing, guru honorer dalam membuka kelas daring juga cukup berat.

Mereka harus memiliki modal sendiri guna melakukan proses belajar mengajar seperti jaringan internet, laptop dan lainnya.

"Dengan keterbatasan itu guru honorer masih bisa menjawab tantangan di situasi pandemi. Tapi sangat kerja keras," ujar Bibing.

Baca juga: Kegiatan Belajar di Sekolah Belum Dibuka, Dua Guru di Tangerang Terpapar Covid-19

Berbeda dengan guru honorer di sekolah negeri, lanjut dia yang katanya masih mendapatkan honor meski masih dibawah upah minimum.

"Sekolah negeri ada BOP (Bantuan Operasional Pendidikan), yang merupakan bantuan dari pemerintah. Itu ada upahnya untuk guru honorer tapi belum mendekati upah minimum," terang dia.

Halaman
123
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved