Breaking News:

Pilkada Kabupaten Serang

Adu Konsep e-government Calon Bupati Serang Nomor Urut Satu dan Dua di Debat Publik Ketiga

Debat yang ditayangkan Kompas TV kali ini mempertajam terkait pelayanan e-goverment di Kabupaten Serang

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Agung Yulianto Wibowo
Tangkapan layar Youtube
Pasangan calon nomor urut 1 sekaligus petahana, Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan paslon nomor turut 2 selaku penantang, Nasrul Ulum-Eki Baihaki menyanyikan Indonesia Raya saat awal debat debat publik kedua Pilkada Kabupaten Serang yang disiarkan stasian televisi, Rabu (25/11/2020) malam. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Debat ketiga calon Bupati dan Wakil Bupati Serang telah berakhir.

Debat yang ditayangkan Kompas TV kali ini mempertajam terkait pelayanan e-goverment di Kabupaten Serang.

Calon Bupati Serang nomor urut satu, Ratu Tatu Chasanah, mengatakan pihaknya sudah melakukan pelayanan berbasis e-goverment di Kabupaten Serang.

Hal itu dilakukan karena adanya tuntutan masyarakat untuk pemerintah dapat lebih cepat dalam mengakses dan memberi pelayanan kepada masyarakat.

"Oleh karena itu kami sudah melakukan e-government ini, sebagai salah satu contohnya pengiriman barang dan jasa melalui e-proprutmen," ujarnya saat debat publik di Kompas TV, Rabu (2/12/2020) malam.

Menurut Tatu, dalam hal perencanaan, penganggaran dan evaluasi, pihaknya pun juga menerapkan sistem SIMRAL.

Hal itu juga diikuti oleh setiap organisasi perangkat dinas (OPD) yang ada di Kabupaten Serang, seperti di Disdukcapil dan Dinkes dalam pelayanan kesehatan.

Hal yang senada juga disampaikan calon Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa.

Menurut dia, pihaknya telah bekerja sama dengan lembaga negara dan terdapat 54 OPD yang terintegrasi dengan pelayanan online.

"Itu adalah bagian dari transparansi kami dalam pelayanan secara online. Kemudian kami juga menyediakan sistem informasi aplikasi layanan informasi publik yang semua kegiatan bisa dilihat dan di-download di Play Store," ucapnya.

Calon Bupati Serang nomor urut dua, Nasrul Ullum, mengatakan terjadi beberapa persoalan yang menyangkut pelayanan publik desa dan pemerintah daerah.

Yang pertama pelayanan administrasi desa dan pemerintah daerah belum terintegrasi dan terpadu, kemudian belum bermanfaatnya pendataan pembangunan yang ada di desa.

"Kami akan membangun sistem desa berbasis internet atau desa digital dan hotspot gratis di 326 desa yang terkoneksi dengan server diskominfo," katanya. (*)

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved