Breaking News:

Pilkada Kabupaten Serang

Cabup Serang Ratu Tatu dan Nasrul Ulum Andalkan Program Jaminan Kesehatan yang Sudah Ada di Debat

Tatu menjelaskan jaminan kesehatan masyarakat sudah diberikan oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dengan memberikan BPJS.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
Tangkapan layar Youtube
Debat publik ketiga Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang Pilkada Kabupaten Serang 2020 digelar KPU dan disiarkan Kompas TV pada Rabu (2/12/2020) malam.  

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, KABUPATEN SERANG - Debat publik ketiga Calon Bupati dan Wakil Bupati Serang Pilkada Kabupaten Serang 2020 digelar KPU dan disiarkan Kompas TV pada Rabu (2/12/2020) malam. 

Debat ini kembali mempertemukan paslon nomor urut 1 seklaigus petahana Ratu tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa dan paslon nomor urut 2 Nasrul Ulum-Eki Baihaki.

Saat sesi penajaman visi dan misi dari pertanyaan penyusun materi, Calon Bupati Serang nomor urut 2 Nasrul Ullum mendapat pertanyaan tentang keluhan utama layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Serang dan strategi untuk mengatasinya.

Menurut Nasrul, keluhan utama masyarakat Kabupaten Serang berada pada pelayanan dasar kesehatan mulai dari puskesmas hingga rumah sakit.

Hal itu tercermin dengan rendahnya angka harapan hidup warga di Kabupaten Serang 64,22 tahun pada 2019. Angka itu jauh dari angka harapan hidup di Provinsi Banten yaitu 69,64 tahun.

Nasrul menjanjikan dapat meningkatkan angka harapan hidup di Kabupaten Serang dengan akses kesehatan gratis bagi masyarakat tidak mampu yang belum di-cover BPJS dengan Kartu Serang Sehat,

"Kami akan meningkatkan angka harapan hidup masyarakat kabupaten Serang dengan akses kesehatan gratis untuk masyarakat yang tidak mampu yang belum dicover oleh BPJS, akan kita bantu dengan Kartu Serang Sehat," kata Nasrul.

Strategi lain pasangan Nasrul Ulum-Eki Baihaki yakni mendorong kemitraan klinik dan balai pengobatan dengan menggunakan BPJS dan Kartu Serang Sehat, menjalankan program ambulans laut yang belum pernah dijalankan, memberikan tunjangan gizi bagi ibu hamil selama proses kehamilan

"Dan kelima, kami akan mendorong peningkatan 100 puskesmas menjadi puskesmas rawat inap dan RSUD menjadi RSUD unggulan sehingga masyarakat Kabupaten Serang mudah menikmati layanan kesehatan," tegasnya.

Baca juga: Adu Konsep e-government Calon Bupati Serang Nomor Urut Satu dan Dua di Debat Publik Ketiga

Baca juga: Debat Pilkada Kabupaten Serang, Tatu-Pandji Klaim Tempatkan Wanita di Posisi Strategis Pemerintahan

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved