Breaking News:

Tak Hanya Untuk Rambut, Lidah Buaya Juga Bisa Untuk Hilangkan Panu

Tinea Versicolor atau panu (dalam KBBI disebut panau) adalah noda atau bercak-bercak putih pada kulit manusia, biasanya berasa gatal kalau berpeluh.

Editor: Yudhi Maulana A
Ilustrasi
Lidah buaya 

TRIBUNBANTEN.COM - Berikut empat cara menghilangkan panu dengan bahan alami.

Tinea Versicolor atau panu (dalam KBBI disebut panau) adalah noda atau bercak-bercak putih pada kulit manusia, biasanya berasa gatal kalau berpeluh.

Panu merupakan infeksi jamur yang menyebabkan masalah pigmentasi kulit.

Meski dianggap tidak berbahaya, menghilangkan panu tetap diperlukan untuk menjaga kondisi kulit.

Saat terkena panu, beberapa bagian kulit seseorang menjadi lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli. Biasanya, panu muncul di bagian punggung, leher, dada, tapi tak menutup kemungkinan untuk muncul di bagian tubuh yang lain.

Baca juga: Smartphone Android Lemot, Simak Tips Berikut Ini, Buat Ponsel Anda Seperti Baru

Baca juga: Garam Laut Bisa Digunakan Sebagai Pupuk Tanaman, Hasilnya Bikin Lebih Subur, Berikut Ini Caranya

Simply Health mengatakan, panu muncul karena perubahan cuaca. Panu tak banyak muncul di musim dingin, sedangkan kemunculan yang cukup sering terjadi di musim panas. Penyakit kulit ini bisa diatasi dengan beberapa bahan alami berikut.

Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan panu. Selain mampu menyembuhkan panu, tea tree oil juga berfungsi untuk menghilangkan rasa gatal.

Caranya, campurkan tea tree oil dengan minyak kelapa (1 sdm). Lalu, oleskan pada area panu menggunakan cotton bud. Setelah campuran minyak meresap di kulit, Anda bisa membersihkannya dengan handuk hangat.

Minyak Kelapa

Cara menghilangkan panu selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan minyak kelapa. Kandungan asam dalam minyak ini berfungsi sebagai pembasmi jamur alami. Simply Health mengatakan, ada dua metode yang bisa Anda lakukan.

Pertama, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara langsung pada panu, kemudian tunggu sampai minyaknya meresap di kulit. Selain itu, Anda bisa mencampurkan minyak kelapa dengan minyak kayu manis, oleskan pada panu, lalu diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air.

Baca juga: Bagaimana Cara Membedakan Madu Asli dan Oplosan? Berikut Tips Membeli Madu Kualitas Terbaik

Baca juga: Yuk Donor! Palang Merah Indonesia Berbagi Tips Aman Donor Darah Selama Pandemi Corona

Lidah Buaya

Liday buaya bisa menghilangkan panu karena adanya banyak kandungan bermanfaat. Beberapa di antaranya adalah protein antijamur bernama 14kDA dan antiinflamasi yang ampuh melawan jamur dan meredakan daerah kulit yang meradang.

Anda bisa mengaplikasikan ekstrak lidah buaya secara langsung pada panu atau mencampurkannya terlebih dahulu dengan minyak lavender. Anda bisa mengoleskan lidah buaya sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Yogurt

Selain enak dikonsumsi, yogurt juga bisa menghilangkan panu, lo. Probiotik dalam yogurt berfungsi melawan jamur dan mengembalikan kondisi kesehatan kulit. Oleskan plain yogurt selama minimal 20 menit pada area panu.

Simply Health mengatakan, cara menghilangkan panu juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi plain yogurt. Mengonsumsi dua hingga tiga mangkuk plain yogurt dalam sehari akan membantu tubuh melawan infeksi jamur dari dalam. (*/Faj)

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul "4 Cara menghilangkan panu dengan bahan alami".

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved