Breaking News:

Kesehatan

Jangan Takut Menangis! Karena Ada Manfaatnya bagi Kesehatan

Berikut ini manfaat menangis bagi kesehatan tubuh. Jangan takut menangis Tribunners!

Editor: Renald
istimewa
Seorang wanita menangis haru saat melihat penyerahan beasiswa - Berikut ini manfaat menangis bagi kesehatan tubuh. Jangan takut menangis Tribunners! 

TRIBUNBANTEN.COM - Sering kali kita menahan sebuah tangisan hanya untuk menunjukkan jika kita adalah pribadi yang kuat, terlebih pada seorang pria dewasa.

Entah itu menangis karena kesedihan atau tangisan gembira.

Padahal, menangis banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Menangis adalah respons alami dari manusia terhadap berbagai emosi, baik kesedihan yang mendalam, hingga kebahagiaan yang ekstrem.

Menangis juga dinilai memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat medis menangis sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Para ahli dan tabib di Yunani dan Roma kuno berpendapat, air mata bekerja seperti obat pencahar yang berfungsi mengeringkan dan menyucikan manusia.

Ahli psikologis saat ini sebagian besar setuju dan menekankan peran menangis sebagai mekanisme yang memungkinkan kita melepaskan stres dan rasa sakit emosional.

Menangis adalah katup pengaman yang penting, karena memendam perasaan di dalam hati --atau disebut koping represif-- bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebuah studi mengaitkan koping represif dengan sistem kekebalan yang kurang tangguh, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi.

Repressive coping juga memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, termasuk stres, kecemasan, dan depresi.

Menangis terbukti meningkatkan perilaku keterikatan, mendorong kedekatan, empati, dan dukungan dari teman dan keluarga.

Sesenggukan Tangisi Akun Instagramnya yang Hilang, Kekeyi Mohon Ampun Pada Netizen Sampai Ucap Hal Mengejutkan: Kalau Aku Nggak Jadi Public Figure, Aku Kerja Apa? - Dibully Warganet, Kekeyi Kerap Menangis di Kamar Mandi dan Mengadu ke Ayam
Sesenggukan Tangisi Akun Instagramnya yang Hilang, Kekeyi Mohon Ampun Pada Netizen Sampai Ucap Hal Mengejutkan: Kalau Aku Nggak Jadi Public Figure, Aku Kerja Apa? - Dibully Warganet, Kekeyi Kerap Menangis di Kamar Mandi dan Mengadu ke Ayam (YouTube Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka)

Jenis air mata berbeda-beda

Ilmuwan membagi air mata atau tangisan menjadi tiga kategori berbeda, yakni air mata refleks, air mata terus-menerus (continuous tears), dan air mata emosional.

Dua kategori air mata yang disebutkan di awal berfungsi penting untuk menghilangkan kotoran seperti asap dan debu dari mata kita, serta melumasi mata kita guna membantu melindungi mata dari infeksi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved