Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Diadili Atas 3 Kasus Sekaligus di PN Jaktim Secara Virtual, Ratusan Polisi Berjaga

"Ada sekitar 658 personel yang akan amankan kegiatan sidang MRS yang akan dimulai besok," kata Brigjen Rusdi di Mabes Polri

Editor: Abdul Qodir
Tribunnews/Jeprima
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab mengenakan baju tahanan seusai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Minggu (13/12/2020) dini hari. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhirnya akan menjalani sidang perdana atas tiga kasus di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, pada Selasa (16/3/2021) siang ini.

Rizieq Shihab akan diadili atas kasus kerumunan di Petamburan, kerumunan di Megamendung, dan tes usap (swab) di RS Ummi Bogor.

Pihak pengadilan bekerja sama kepolisian sepakat menggelar sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan tiga kasus pemimpin FPI ini secara virtual.

Meski begitu, Polri menurunkan sebanyak 659 personel untuk mengamankan jalannya persidangan tersebut di PN Jaktim. Mereka terdiri dari beberapa satuan.

Baca juga: Hakim Tolak Praperadilan Penetapan Tersangka Kerumunan, Rizieq Shihab Segera Diadili

Baca juga: Satu Sel Bareng Menantu dan Eks Ketum FPI, Rizieq Shihab Syiar Agama dan Ajari Ngaji Para Napi

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur Alex Adam Faisal mengatakan, pihaknya telah menunjuk dua majelis hakim untuk mempercepat jalan proses persidangan tersebut. 

Pasalnya, dalam sidang yang digelar bersamaan pada Selasa (16/3/2021) besok secara virtual tersebut terdiri dari enam berkas perkara mulai dari nomor 221 sampai dengan nomor 226. 

"Karena ada enam perkara, Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur menunjuk dua majelis hakim yang akan menangani perkara tersebut," kata Alex, Senin (15/3/2021).

Personel Polri yang berjaga di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021), jelang sidang perdana pemimpin FPI Rizieq Shihab.
Personel Polri yang berjaga di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021), jelang sidang perdana pemimpin FPI Rizieq Shihab. (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Alex mengatakan, kasus yang menjerat Rizieq Shihab terkait dugaan tindak pidana karantina kesehatan itu meliputi nomor perkara 221, nomor perkara 225 dan nomor perkara 226. 

"Untuk sidang dipimpin majelis hakim Suparman Nyompa dan dua anggota M. Djohan Arifin dan Agam Syarief Baharudin," ujarnya.

Tiga kasus

Personel Polri saat membubarkan simpatisan dan wartawan dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021).
Personel Polri saat membubarkan simpatisan dan wartawan dari Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021). (TribunJakarta.com/Bima Putra)

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved