Breaking News:

Pemkab Tangerang Siap Vaksinasi 10 Ribu Warga Per Hari

Kabupaten Tangerang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia (lansia)

Editor: Yudhi Maulana A
dokumentasi PLN UID Banten
Hingga Sabtu (13/3/2021) pagi, lebih dari 10.500 pegawai PLN di seluruh Indonesia telah menerima vaksinasi Covid-19. 

TRIBUNBANTEN.COM - Kabupaten Tangerang mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat lanjut usia (lansia) yang menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi di wilayah tersebut.

Vaksinasi yang sudah berlangsung sejak Rabu (17/3/2021) di Unika Atma Jaya Kampus 3 BSD, dibuka secara resmi oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar. Menurut Zaki, prioritas vaksinasi untuk lansia karena kelompok tersebut rentan terpapar virus corona.

“Di kabupaten Tangerang sampai hari ini sudah bisa melakukan 5.000 vaksinasi per hari, dan harapan saya nantinya Pemkab Tangerang bisa melayani vaksinasi hingga 10.000 orang per hari,” kata Zaki, Kamis (18/3/2021).

Untuk target vaksinasi 10.000 orang per hari, Zaki berencana menggerakkan seluruh jaringan kesehatan yang dimiliki Kabupaten Tangerang seperti Puskesmas, RSUD dan RS Swasta.

"Semua fasilitas kesehatan kita kerahkan untuk menyukseskan vaksinasi," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes Ungkap Alasan Masih Dapat Terpapar Covid-19 Meski Sudah Divaksin, Berikut Penjelasannya

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Vaksinasi di Bulan Ramadhan Tak Batalkan Puasa

Karenanya, Kabupaten Tangerang menyatakan kesiapan menerima satu juta dosis vaksin Covid-19, dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hal tersebut lantaran sudah memiliki fasilitas kesehatan yang menunjang seperti pusat vaksin 3in1, puskesmas dan juga rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Dijelaskannya, dari empat juta warga Kabupaten Tangerang, yang diproritaskan untuk mendapat vaskin kurang lebih 300 ribu orang mencangkup lansia, tenaga kesehatan, pelayanan publik, pedagang pasar dan supir angkutan umum. Pemkab Tangerang baru menerima 35 ribu dosis vaksin, dan 33 ribu di antaranya telah digunakan.

“Sejauh ini, infrastruktur, tenaga, dan sumber daya untuk vaksinasi sudah siap semua. Dengan kesiapan itu semua, dalam beberapa waktu ke depan Kabupaten Tangerang yakin mampu untuk memberikan vaksin 10 ribu hingga 15 ribu dosis vaksin per hari,” kata Zaki Iskandar.

Zaki mengungkapkan tantangan yang dihadapi yaitu masih terbatasnya kuota vaksin covid-19. Jumlah vaksin yang diterima Kabupaten Tangerang masih kurang dari yang dibutuhkan. Untuk itu butuh koordinasi dengan kementerian dan dinas kesehatan Provinsi Banten.

“Saya berharap setidaknya Kabupaten Tangerang sudah mendapatkan 300 ribu vaksin yang akan didistribusikan sebelum libur lebaran berlangsung,” ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved