Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Sehari Jelang Lebaran, Ada 863 Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Banten

Edy menjelaskan 863 kendaraan yang diputar balik petugas pada larangan mudik 2021 Banten terdiri dari sepeda motor, mobil pribadi, mobil bak, bus hing

Tribunnews.com/Irwan Rismawan
Petugas melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan di Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (28/5/2020). Petugas memutarbalikkan kendaraan menuju Jakarta yang tidak dilengkapi Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Sebanyak 863 kendaraan diputarbalikkan petugas di sejumlah pos penyekatan mudik wilayah hukum Polda Banten dalam Operasi Ketupat Maung 2021 pada hari ketujuh, Rabu (12/5/2021) atau H-1 Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan ratusan kendaraan tersebut diputarbalik oleh petugas lantaran kedapatan melakukan mudik bersamaan adanya larangan mudik dari pemerintah.

"Adapun jumlah kendaraan yang di putar balikkan selama 1x24 jam pada hari ketujuh Operasi Ketupat Maung Tahun 2021 ialah, Roda 2 (R2) sebanyak 508 kendaraan, Roda 4 (R4) sebanyak 344 kendaraan, bus/travel 11 kendaraan, dan truk-kendaraan lain," ujar Edy Sumardi melalui keterangan resmi dari Polda Banten, Kamis (13/5/2021).

Petugas melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan di Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (6/5/2021).
Petugas melakukan penyekatan dan pemeriksaan kendaraan di Gerbang Tol Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (6/5/2021). (Warta Kota/Nur Ichsan)

Edy menjelaskan 863 kendaraan yang diputar balik petugas pada larangan mudik 2021 Banten terdiri dari sepeda motor, mobil pribadi, mobil bak, bus hingga truk.

Baca juga: Viral Tak Terima Disuruh Putar Balik, Pemudik Ini Langsung Kesurupan : Ini Wilayah Aing

"Jumlah tersebut, tersebar di 24 titik pos penyekatan, meliputi 9 Pos Sekat yang berada di Pintu Gerbang Tol Mulai dari Cikupa, Kedaton, Balaraja Timur, Balaraja Barat, Cikande, Ciujung, Serang Timur, Serang Barat dan Merak maupun 15 Pos Sekat di jalur arteri wilayah Hukum Polda Banten," terangnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto didampingi Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi
Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto didampingi Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi (Dok. Polda Banten)

Selain memutarbalikkan kendaraan, lanjut Edy, personel Satgas Pengamanan Operasi Ketupat Maung Polda Banten dan jajaran Polres juga membagi-bagikan 2.063 masker kepada para pengguna jalan dan warga.

Hal itu sebagai bentuk kepedulian dan upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: 11.200 Ranmor Diperiksa dan 2.204 Kendaraan Diputar Balik di Banten, Pemudik tak Terprovokasi

Edy pun menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan mudik Lebaran mengingat kasus Covid-19 masih tinggi.

"Lebih baik silaturahmi menggunakan teknologi saja. Semua itu kita lakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19," imbuhnya.

Artikel lain terkait larangan mudik 2021 Banten di TribunBanten.com

 
 

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved