Breaking News:

Bila Tahun Ini Diizinkan Arab Saudi, Kemenag Serang Dijatah 991 Calon Jemaah Haji Untuk Berangkat

Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi terkait pemberangkatan jamaah haji tahun 2021.

Penulis: mildaniati | Editor: Yudhi Maulana A
Kementerian Media Saudi/AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

Laporan wartawan TribunBanten.com Mildaniati

TRIBUNBANTEN, SERANG - Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang masih menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi terkait pemberangkatan jamaah haji tahun 2021.

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Serang, H. Samhudi mengatakansebelum pandemi Covid-19, pihaknya memberangkatkan sekitar 1000 jamaah setiap tahun.

"Sampai sekarang pemerintah Arab Saudi belum memberikan kuota haji kepada Indonesia, karena berdasarkan data WHO Indonesia masuk dalam 25 negara yang tidak bisa masuk Saudi karena angka Covid 19 masih tinggi," ungkapnya kepada TribunBanten.com saat ditemui di kantor Kemenag, Kamis (27/5/2021).

Dia menjelaskan, data jamaah haji yang daftar tahun 2021 dari Januari sampai April ada 1662 orang, sementara pada bulan Mei nanti kemungkinan sudah bisa mencapai 2000 jamaah yang daftar mendaftar.

"Tiap hari yang daftar sekitar 15-20 orang,"tambahnya.

Baca juga: Biaya Haji Pada Tahun ini Kemungkinan Naik, Ini Penjelasan Kemenag Kabupaten Serang

Mayoritas pendaftar berasal dari Kramatwatu, Cikande, Kragilan dan Ciruas yang padat penduduknya.

Untuk masa menunggu pemberangkatannya yakni sekitar 25 tahun, dan batas usia yang mendaftar adalah 12 tahun, sementara batas usia yang berengkat yakni di atas 18 tahun.

"Usia 12 tahun lewat sehari juga boleh yang penting udah usia 12 tahun, untuk berangkat juga sama asalkan di atas 18 tahun lewat 3 hari,"ujarnya.

Sejak 2020 sampai 2021, Kemenag Kabupaten Serang belum memberangkatkan jemaah haji karena Covid 19.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Serang H Samhudi.
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Serang H Samhudi. (TribunBanten.com/Mildaniati)
Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved