Breaking News:

PPKM Darurat

Disdukcapil Kota Serang Terapkan Pengurusan Dokumen Kependudukan Secara Online

Data yang masuk ke pihak Disdukcapil Kota Serang akan diverifikasi dan diproses oleh petugas dengan mendahulukan pendaftar awal.

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Abdul Qodir
Tribunbanten.com/Ahmad Tajudin
Sejumlah warga yang hendak mengurus dokumen kependukan berdiri depan pintu masuk kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang, Sumurpecung, Kota Serang, Selasa (13/7/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG Pintu masuk kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang di Jalan Jenderal Sudirman, Sumurpecung, Kota Serang, tampak ditutup portal dan dijaga petugas keamanan pada Selasa (13/7/2021).

Sejumlah warga yang hendak mengurus dokumen kependudukan pun tampak hanya bisa berdiri di depan kantor tersebut.

Petugas keamanan yang berjaga menjelaskan, saat ini layanan kepengurusan dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil Kota Serang dilakukan secara online.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sekretaris Dinas Disdukcapil Kota Serang, Dinar Tricahyani membenarkan pihaknya menerapkan pelayanan Disdukcapil secara online bersamaan adanya PPKM Darurat.

Baca juga: Cerita Pengemudi Ojol di Lebak selama PPKM Darurat, Kucing-Kucingan Hingga Menyamar

"Pelayanan tatap muka ditutup sampai tanggal 20 Juli 2021, sesuai PPKM Darurat. Tapi, kami tetap layani secara online, melalui aplikasi smart dukcapil," ujar Dinar.

Dinar menjelaskan pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan warga dilakukan secara online mulai 12 sampai 20 Juli 2021.

Warga dapat mengunduh aplikasi smart dukcapil 1.2 tersebut di Play Store.

"Sejak kemarin sudah bisa melalui online. Alhamdulillah hari ini saja, sudah banyak yang mendaftar, hampir 40 orang yang mendaftar," terangnya.

Baca juga: Catat! Pengemudi Ojol dan Taksi Online Wajib Miliki STRP Selama PPKM Darurat

Warga yang hendak mengurus pembuatan dokumen kependudukan harus mendaftar secara online di aplikasi tersebut dan pelayanan dibukan pukul 08.00 -11.00 WIB. Adapun jumlah pendaftar tidak dibatasi.

Data yang masuk ke pihak Disdukcapil Kota Serang akan diverifikasi dan diproses oleh petugas dengan mendahulukan pendaftar awal.

Nantinya dokumen kependudukan yang sudah jadi akan dikirimkan ke warga yang mengajukan melalui layanan pos.

Baca juga: 28 Pelanggar PPKM Darurat di Cilegon Disidang, Yang Tidak Hadir Tetap Divonis

"Layanan pos ini kan gratis, masyarakat hanya terima beres dan menunggu pihak pos mengantarkan dokumennya ke rumah," terangnya.

"Kemarin juga sudah ada yang menerima produk kami melalui kantor pos," sambungnya.

Dinas menegaskan layanan secara onlini sekalilgus bertujuan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved