Breaking News:

Restrukturisasi Kredit Bantu UMKM Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

Upaya perbankan nasional khususnya bank-bank di Himbara membantu pelaku UMKM di Indonesia, yang terdampak pandemi Covid-19, mulai membuahkan hasil.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Banten ditampilkan di Gallery Banten di Maxx Box Lippo Village Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten. 

TRIBUNBANTEN.COM - Upaya perbankan nasional khususnya bank-bank di Himpunan Bank Negara (Himbara) membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, yang terdampak pandemi Covid-19, mulai membuahkan hasil.

Hal itu terlihat dari nilai total restrukturisasi kredit yang dilakukan bank pelat merah selama semester pertama tahun ini.

Dalam laporan kinerja kuartal kedua 2021, Bank Mandiri, BRI dan BNI masing-masing telah mengalami penurunan baki restrukturisasi kredit para debitur UMKM.

Baca juga: Sebut Tren Ikoy-ikoyan Bisa Memperburuk Mental Bangsa, Ini Cara Nana Mirdad Bantu UMKM

Baca juga: Akses eform.bri.co.id/bpum atau banpresbpum.id untuk Cek Penerima BLT UMKM

Ekonom INDEF Bhima Yudhistira Adhinegara, menilai, restrukturisasi kredit UMKM yang dilakukan bank BUMN sangat membantu program pemulihan ekonomi nasional (PEN).
Apalagi restrukturisasi itu, kata dia, dilakukan dengan kombinasi pemberian stimulus pada penyaluran KUR.

Melalui stimulus, debitur UMKM yang kesulitan membayar diberikan opsi restrukturisasi kredit. Sementara debitur potensial diberikan kredit usaha rakyat (KUR).

"Ini kombinasi kebijakan yang bagus dari bank BUMN," ungkap Bhima, dalam keterangan yang diterima wartawan, pada Rabu (4/8/2021).

Menurut Bhima, jika bank hanya memberikan satu kebijakan saja terhadap pelaku UMKM yang terdampak covid-19, misalnya KUR, tapi tidak didorong dengan program restrukturisasi kredit, maka efeknya akan parsial ke UMKM.

Di antaranya, akan terjadi divergensi pemulihan UMKM.

Artinya, UMKM yang bergerak di sektor e-commerce bisa tumbuh tinggi.

Di sisi lain, UMKM di sektor perdagangan dan industri skala kecil, pemulihannya akan berjalan lambat.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved