Breaking News:

Sebanyak 7.357 KK Warga Baduy Belum Punya KTP sebagai Syarat Vaksinasi

Rencananya, Disdukcapil Kabupaten Lebak bersama dengan Disdukcapil Provinsi Banten akan melakukan penyisiran kepada warga yang belum memiliki

TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Warga Baduy Luar sedang bercengkrama di teras rumah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Sebanyak 7.357 Kepala Keluarga (KK) warga suku Baduy luar yang tinggal di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, belum memiliki KTP elektronik.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Lebak, Ahmad Najiyullah mengatakan pihaknya akan mencoba membuka pelayanan kependudukan dan pelengkapan administrasi masyarakat untuk warga Baduy luar.

"Ada sebanyak 7.357 KK di Baduy belum memiliki KTP, KK dan juga belum memiliki akte untuk anak. Nantinya sebelum melakukan vaksinasi akan kita buka pelayanan untuk pendataan warga di tanggal 28 Agustus mendatang," ujarnya saat dihubungi, Rabu (4/8/2021).

Najiyullah mengatakan KTP elektronik tersebut diperlukan sebagai salah sata syarat mengikuti vaksinasi Covid-19 guna pendataan vaksinasi tersebut. 

Baca juga: Percaya Ajaran Leluhur, Warga Baduy Tolak Vaksinasi Covid-19, Tetua Adat: Jangan Dipaksa!

Baca juga: Meski Ditolak, Dinkes Lebak Berusaha Ajak Warga Baduy yang Bersedia Divaksin

Ilustrasi e-KTP
Ilustrasi e-KTP (Harian Warta Kota/Henry Lopulalan)

Rencananya, Disdukcapil Kabupaten Lebak bersama dengan Disdukcapil Provinsi Banten akan melakukan penyisiran kepada warga yang belum memiliki administrasi kependudukan.

"Yang sudah terekam di data itu ada 5.113 orang. Nanti akan coba kita sisir kembali warga yang belum ada untuk segera mendapatkan data pribadi berupa KTP dan yang lainnya," tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Cisimeut, Maytri Nurmaningsih mengatakan pihaknya akan tetap melakukan vaksinasi kepada warga Baduy luar kendati ada banyak warga melakukan penolakan.

Baca juga: Puskesmas Cisimeut Ungkap Alasan Vaksinasi Covid-19 terhadap Warga Baduy Belum Rampung

Namun, rencana vaksinasi terhadap warga Baduy luar itu terkendala belum adanya KTP elektronik.

"Untuk masyarakat sendiri memang terkendala tidak mempunyai KTP. Saya pun mencoba untuk memberikan pemahaman kepada Jaro (kepala desa) agar memilih beberapa warga yang mau divaksin untuk segera di vaksin," ujarnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved