Breaking News:

Lebak

Ada Kasus Covid-19 di Baduy Luar, Satgas Lebak Akui Tidak Terkejut : Wajar, Mereka kan Sudah Terbuka

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Lebak, Firman Rahmatullah mengatakan  kabar tentang warga Baduy terpapar Covid-19 tidak mengejutkan baginya. 

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Tribunnews.com/Dany Permana
Warga Baduy Dalam dan Baduy Luar berjalan ratusan kilometer dari tempat tinggalnya di Lebak menuju Kantor Gubernur Banten, Kota Serang, Sabtu (3/5/2014). Dalam tradisi tahunan bernama "Seba Baduy" tersebut warga Baduy mengantarkan hasil bumi kepada Bupati Lebak dan Gubernur Banten untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Lebak, Firman Rahmatullah mengatakan  kabar tentang warga Baduy terpapar Covid-19 tidak mengejutkan baginya. 

Pasalnya, dua warga Baduy yang terkonfirmasi positif tersebut merupakan warga adat luar.

Di mana mereka sudah tidak mempertahankan adat istiadat di Baduy.

Selain itu, warga Baduy Luar sendiri bukan bagian utuh apabila dibandingkan dengan Baduy Dalam yang masih mempertahankan unsur adat istiadat di sana.

"Wajar mereka kan sudah menggunakan kendaraan dan terbuka dengan teknologi. Yang masih mempertahankan adat istiadat leluhur itu kan ya Baduy Dalam. Dan disana sampai saat ini kasusnya masih nol kasus," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Warga Baduy Positif Covid-19, Dispar Lebak Duga Karena Banyak Kunjungan Hingga Singgung Dedi Mulyadi

Ia pun mengatakan bahwa Baduy Luar sering melakukan kontak langsung dengan masyarakat umum.

Selain itu, warga Baduy Luar juga sangat sulit untuk dilakukan pelacakan oleh Puskesmas setempat.

Sejumlah warga Baduy luar berkumpul di depan rumah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (3/8/2021).
Sejumlah warga Baduy luar berkumpul di depan rumah di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Selasa (3/8/2021). (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

"Iya saya kurang tau ya sudah berapa banyak yang di Swab atau PCR di sana. Tetapi intinya bahwa sampai saat ini baduy sendiri masih nol kasus," katanya.

Baca juga: Dua Warga Baduy Luar Positif Covid-19, Petugas Puskesmas Kesulitan Lakukan Tracing

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triyatno Supiyono mengatakan bahwa pihaknya pun tidak terkejut dengan adanya kasus aktif Covid-19 di Baduy Luar.

Baca juga: 2 Warga Terpapar Covid, Kepala Disparbud Lebak Sebut Baduy Luar Tak Terima Wisatawan Selama PPKM

Hal itu lantaran di sana sering melakukan kontak dengan masyarakat dari di luar Baduy.

"Iya kan mereka sering berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Sehingga bisa saja dari situ muncul kasus aktif di Baduy yang pertama kalinya," ucapnya.

Baca juga: CEK FAKTA! Viral Pesan WhatsApp Sebut Suku Baduy Sehat Tanpa Vaksin Covid-19, Ini Penjelasan Kominfo

Pada awal Januari 2021 lalu, TribunBanten.com sempat mengabarkan bahwa hampir satu tahun pandemi Covid-19, tidak ada warga Baduy yang terpapar Covid-19.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved