Breaking News:

News

Indonesia Hanya Buka 6 Pintu Masuk untuk Kedatangan dari Luar Negeri, Ini Daftar dan Syaratnya

Pintu masuk kedatangan luar negeri ke Indonesia hanya dibuka enam pintu dengan masing-masing dua titik melalui udara, laut dan darat.

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Suasana aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang dihentikan selama tiga menit memperingati HUT Ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8/2020). 

TRIBUNBANTEN.COM - Satgas Penanganan Covid-19 menerbitkan Keputusan tentang pintu masuk bagi WNI Pelaku Perjalanan Internasional.

Melansir Tribunnews, dalam masa pandemi ini, hanya dibuka enam pintu masuk kedatangan luar negeri ke Indonesia masing-masing dua titik melalui udara, laut dan darat.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan kalau menggunakan transportasi udara hanya melalui Bandara Soekarno Hatta, Banten, dan Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara.

Pintu pelabuhan laut hanya bisa melalui Batam, Kepulauan Riau, dan Nunukan, serta Sulawesi Utara.

Baca juga: Kemenhub Resmi Berlakukan Pembatasan Pintu Masuk Internasional di 3 Transportasi, Ini Aturannya

Pintu kedatangan melalui darat adalah pos lintas batas Aruk dan Entikong di Kalimantan Barat.

Wiku menambahkan, WNI pelaku perjalanan internasional juga tetap diwajibkan melakukan karantina dengan waktu 8 x 24 jam dari negara dengan eskalasi tingkat positif rendah, dan 14 x 24 jam dari negara dengan eskalasi tingkat positif tinggi.

Baca juga: Pemerintah Resmi Buka Kembali Pintu Masuk WNA ke Indonesia, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Kewajiban melakukan RT-PCR tetap berlaku.

Pada bagian lain, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengatakan, aplikasi PeduliLindungi dapat digunakan untuk memverifikasi vaksinasi Covid-19, sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan kartu verifikasi vaksin.

Chief Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, Setiaji ST MSi memaparkan bagaimana prosedur penggunanya. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Pertama, masyarakat harus melakukan pendaftaran lewat link vaksinin.dto.kemkes.go.id.

Baca juga: Terbit Surat Edaran, Berikut Syarat dan Aturan Terbaru dari Kemenhub Bagi Penumpang Pesawat

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved