Breaking News:

Virus Corona

Total Vaksinasi Covid-19 Tembus 175 Juta, Mampukah Indonesia Capai Kekebalan Komunal pada Akhir 2021

Pemerintah menempuh berbagai strategi untuk memperluas cakupan vaksinasi sebagai upaya melindungi masyarakat dari Covid-19.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Alumni SIP angkatan ke 48 Resimen Wira Tanggon Adhisatya (WTA) 48 TA 2019 bersama Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya (SPN PMJ) Lido melaksanakan serbuan vaksinasi dan bakti sosial. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah menempuh berbagai strategi untuk memperluas cakupan vaksinasi sebagai upaya melindungi masyarakat dari Covid-19.

Indonesia tengah memasuki era peralihan dari pandemi menjadi endemi COVID-19, namun pada masa peralihan itu, vaksinasi penting dilakukan guna mencapai herd immunity atau kekebalan komunitas.

Indonesia adalah yang terbaik di antara negara non-produsen vaksin Covid-19.

Baca juga: Perlukah Kalangan Non Nakes Diberi Vaksin Booster? Ini Pandangan WHO

Per Oktober 2021, Indonesia berhasil menyuntikkan sekitar 175 juta dosis vaksin dan ini dilakukan di tengah produksi vaksin sedunia yang hanya sekitar 8-9 miliar di 2021.

Indonesia bahkan menduduki peringkat 5 dunia untuk jumlah dosis yang sudah disuntikkan dan peringkat 6 dunia untuk jumlah orang yang sudah divaksin.

Hingga 21 Oktober 2021, diketahui untuk vaksinasi dosis pertama sudah disuntikkan pada lebih dari 110 juta orang dan vaksinasi dosis 2 pada lebih dari 65 juta orang.

Mantan Komandan Resimen WTA 48, Ipda Kasiman, mengatakan untuk mencapai kekebalan komunitas, dibutuhkan setidaknya 70 persen vaksinasi Covid-19 dari jumlah penduduk di Indonesia.

"Angka yang tak sedikit itu mengapa program vaksinasi terus diupayakan dengan percepatan agar seluruh masyarakat dapat terlindungi maksimal,” ujar Kasiman dalam keterangannya, pada Minggu (24/10/2021).

Baca juga: Ratusan Prajurit Baru TNI Diterjunkan di Tangerang untuk Percepat Capaian Target Vaksin

Sebagai upaya mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat, Alumni SIP angkatan ke 48 Resimen Wira Tanggon Adhisatya (WTA) 48 TA 2019 bersama Sekolah Polisi Negara Polda Metro Jaya (SPN PMJ) Lido melaksanakan serbuan vaksinasi dan bakti sosial.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved