Breaking News:

Peserta Pilkades dari 5 Desa di Pandeglang Gugat Hasil Perolehan Suara, DPMPD Buat Syarat Ini

5 desa di Kabupaten Pandeglang mengajukan gugatan terkait hasil perolehan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Pandeglang.

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/MILDANIATI
Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Pandeglang Doni Hermawan saat ditemui di ruangannya, Kamis (4/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - 5 desa di Kabupaten Pandeglang mengajukan gugatan terkait hasil perolehan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Pandeglang.

Lima desa itu yakni Desa Palembang Kecamatan Cisata, Desa Pasir Tenjo Kecamatan Sindangresmi, Desa Tapos Kecamatan Cadasari, Desa Citeurep dan Desa Kananga.

Gugatan hasil perolehan suara itu diajukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Baca juga: Viral Kertas Suara Pilkades di Serang Ditempeli Foto Artis Korea, Ini Kata Camat Petir

Kepala Dinas DPMPD Kabupaten Pandeglang Doni Hermawan, mengatakan gugatan yang diterima hanya tiga yaitu dari Desa Palembang Kecamatan Cisata, Desa Pasirtenjo Kecamatan Sindangresmi dan Desa Tapos Kecamatan Cadasari.

"(Gugatan diterima,-red) lantaran gugatan (hasil perolehan suara,-red) 1 persen. Yang tidak masuk (gugatan,-red) Desa Citerep dan Desa Kananga karena gugatannya lebih dari 1 persen," kata dia, saat ditemui di ruangannya, pada Kamis (4/11/2021).

Sebelum menentukan hanya dapat menerima tiga gugatan perolehan hasil Pilkades Serentak, pihaknya berkonsultasi dengan Polri dan Kejaksaan.

Hasil konsultasi itu diputuskan bahwa yang dapat diterima gugatan itu hanya yang perolehan suara berselisih hanya 1 persen.

"Kami bahas satu per satu dan putuskan semua. Kami kroscek betul tidak kronologinya, TPS, PPS, panitia dan (pihak terkait,-red) lainnya dipanggil untuk dimintai keterangannya," kata dia.

Lalu, hasil dari pemeriksaan gugatan itu akan disampaikan ke bupati Pandeglang. Nantinya, kata dia, bupati Pandeglang akan menerbitkan Surat Keputusan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved