Breaking News:

Dirut Ungkap Jurus PLN Capai Net Zero Emission dan Carbon Neutral 2060, Butuh 500 Miliar Dolar AS

PLN menunjukkan komitmen Indonesia dalam transisi energi dan mengajak keterlibatan dunia untuk mewujudkan target

dokumentasi PLN
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memberikan pemaparan transisi energi kepada delegasi G20 di forum Sustainable Finance for Climate Transition Roundtable di Bali, Kamis (14/7/2022). 

TRIBUNBANTEN.COM - PLN memiliki roadmap proyek transisi energi pada 2021 hingga 2060.

Untuk menyukseskan upaya mendukung Carbon Neutral 2060, PLN membutuhkan minimal 500 miliar dolar AS.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan kuncinya adalah kolaborasi dan PLN membuka diri untuk bekerja sama.

"Baik dari sisi investasi, financial fund, maupun sharing teknologi demi mewujudkan semua rencana itu," katanya kepada delegasi G20 di forum Sustainable Finance for Climate Transition Roundtable di Bali, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Tunjukkan Komitmen, PLN Ajak Kolaborasi Negara G20 demi Mencapai Target Carbon Neutral pada 2060

Melalui forum ini, PLN menunjukkan komitmen Indonesia dalam transisi energi dan mengajak keterlibatan dunia untuk mewujudkan target tersebut.

Menurut Darmawan, sejauh ini PLN mendapatkan dukungan finansial dari sejumlah perbankan internasional untuk pembangkit ramah lingkungan.

Satu di antaranya dukungan pendanaan dari sindikasi tiga bank internasional, yaitu Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC), Societe Generale, dan Standard Chartered Bank.

Pendanaan itu untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Cirata yang merupakan pembangkit terapung terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 145 MWAc.

PLN juga mendapatkan kucuran pendanaan senilai 380 juta dolar AS dari International Bank for Reconstruction and Development (IBRD).

Bank itu merupakan bagian dari World Bank Group untuk proyek PLTA Upper Cisokan melalui skema Subsidiary Loan Agreement (SLA).

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved