Breaking News:

Menpan RB Ad Interim Berakhir Hari Ini, Ahok Masuk Bursa Pengganti Tjahjo Kumolo

Tito Karnavian akan menyelesaikan jabatan sebagai Menpan RB pada Jumat 15 Juli 2022. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut akan menjadi Menpan RB

Editor: Glery Lazuardi
Kolase TribunNewsmaker - Kompas.com
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disebut-sebut akan menjabat sebagai Menpan RB untuk menggantikan Tjahjo Kumolo 

TRIBUNBANTEN.COM - Tito Karnavian akan menyelesaikan jabatan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Ad Interim pada Jumat (15/7/2022).

Tito Karnavian menjabat sebagai Menpan RB Ad Interim sejak Senin 4 Juli 2022. Mantan kapolri itu menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia karena sakit pada Jumat (1/7/2022).

Penunjukan Tito Karnavian sebagai Menpan RB Ad Interim itu diresmikan melalui Surat Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Nomor: B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022.

Baca juga: Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Menpan RB ad Interim, Bukan Ganjar Pranowo atau Ahok

Sampai Kamis (14/7/2022) kemarin, Presiden Joko Widodo belum mengumumkan nama menteri baru atau menentukan apakah akan kembali menunjuk menteri ad interim.

"Itu otoritas presiden, kapannya dan siapanya kita tunggu saja," kata Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi Tunjuk Mendagri Tito Karnavian Rangkap Menpan RB Ad Interim, Surat Resmi Dirilis

Ahok Calon Menpan RB

Pengamat sosial politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa memberikan pandangan terkait sosok yang bakal menggantikan Tjahjo Kumolo mengisi kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB).

Diketahui, rencana pergantian itu lantaran Tjahlo Kumolo telah wafat pada Jum'at (1/7) lalu, setelah menjalani perawatan intensif selama dua pekan di RS Abdil Waluyo, Menteng, Jakarta.

“Tentunya pasti pengganti Menpan-RB almarhum Tjahjo Kumolo akan berasal dari kader PDIP ya, itu sudah pasti,” kata Herry Mendrofa, Sabtu (2/6/2022), dikutip dari Tribun.

Dia menyebutkan, ada empat kader PDI Perjuangan yang dinilai berpeluang menempati posisi Menpan-RB.

Empat orang tersebut di antaranya Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Baca juga: Takziah ke Rumah Duka, Tito Karnavian Cerita Pengalaman Bersama Senior Tjahjo Kumolo

Herry menjelaskan alasan dirinya memprediksi keempat sosok tersebut.

Pertama, Ahmad Basarah pernah menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP dan punya banyak pengalaman di bidang legislatif.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved