Breaking News:

Jadi Ikon Wisata Lebak di Rangkasbitung, Air Balong Ranca Timbulkan Bau Tak Sedap, BPBD Turun Tangan

Balong Ranca Lentah atau Kolam penampungan air yang berada di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menjadi ikon wisata bagi warga Lebak.

Penulis: Nurandi | Editor: Ahmad Haris
TribunBanten.com/Nurandi
Pembersihan Balong Ranca Lentah atau kolam irigasi dari sampah oleh BPBD Kabupaten Lebak, Senin (1/8/2022). Balong Ranca Lentah menjadi salah satu icon wisata di Ibu Kota Kabupaten Lebak, Rangkasbitung. 

Balong Laporan wartawan TribunBanten.com, Nurandi

TRIBUNBNATEN.COM, LEBAK - Balong Ranca Lentah atau Kolam penampungan air yang berada di Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, menjadi ikon wisata di Rangkasbitung.

Lokasinya yang berada di pusat kota Rangkasbitung, dan dekat ke Alun-alun Rangkasbitung serta pusat pemerintahan Kabupaten Lebak, menjadikan Balong Ranca Lentah sebagai salah satu tempat rekreasi bagi warga Lebak.

Namun saat ini kondisi air pada Balong Ranca Lentah menimbulkan bau tak sedap.

Baca juga: Balong Rancalentah, Lokasi Favorit Nongkrong di Lebak Banten

Hal itu karena Air Balong Ranca Lentah dipenuhi sampah, dan membuat warna airnya menjadi hijau.

Hal itu membuat pihak BPBD Lebak turun tangan untuk membersihkan air Balong Ranca Lentah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama mengatakan, pembersihan sampah di Balong Ranca Lentah karena merupakan kawasan wisata.

"Balong ini kan kawasan publik, yang kerap dijadikan tempat wisata, maka dari itu kita harus bersama-sama menjaganya," katanya saat meninjau Pembersihan Balong, Senin (1/8/2022).

Dirinya juga menyampaikan, agar masyarakat bersama-sama saling menjaga kebersihan Balong Ranca Lentah, sehingga tidak menimbulkan bau tak sedap.

"Minimalnya agar masyarakat tidak membuang sampah ke balong. Demi kenyamanan kita bersama," ujarnya.

Sementara Dasep Novian, Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Lebak mengatakan, terkait bau dan sampah yang ada di Balong Ranca Lentah, pihaknya sudah menurunkan petugas dalam menjaga kebersihan balong.

"Setiap hari di situ ada empat petugas, yang mengelola dan membersihkan air balong dari sampah," katanya saat dihubungi.

Baca juga: Balong Rancalentah Lebak, Dulu Rawa Kumuh Kini Jadi Pusat Jajanan Warga

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat, agar selalu menjaga kebersihan, karena kebersihan Balong Ranca Lentah merupakan kepentingan bersama.

"Kalau dari masyarakatnya sendiri masih membuang sampah sembangaran, tidak akan pernah cukup walau kita memiliki petugas untuk membersihkannya."

"Jadi mohon kerjasamanya dari masyarakat sendiri untuk menjaga kebersihan," ucapnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved