Breaking News:

Soal Kemungkinan Besar Duet Prabowo-Jokowi Capres-Cawapres di Pilpres 2024, Gerindra-PDIP Searah

Gerindra buka suara soal wacana Jokowi menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto yang diusulkan jadi Capres 2024.

Editor: Ahmad Haris
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). Kini muncul wacana Jokowi jadi cawapres Prabowo pada Pilpres 2024. 

TRIBUNBANTEN.COM - Partai Gerindra memberikan tanggapan terkait wacana Joko Widodo alias Jokowi, yang diusulkan menjadi calon wakil presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto yang jadi Capres pada Pilpres 2024

Disebutkan, bahwa kemungkinan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden didampingi Jokowi maju di Piplres 2024 cukup terbuka.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Habiburokhman.

Baca juga: Ada Kemungkinan Joko Widodo Maju Jadi Wapres pada 2024, PDIP: Sangat Bisa, Tapi Ada Syaratnya

"Ya kalau kemungkinan, ya ada saja," ujar Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022) seperti dikutip dari Kompas.com.

Terlebih, PDIP sempat menyebutkan bahwa Jokowi bisa menjadi wakil presiden, asalkan maju sebagai cawapres di Pemilu 2024.

Meski demikian, Habiburokhman menegaskan sosok cawapres yang akan diusung Gerindra, merupakan kewenangan Prabowo selaku ketua umum partai.

"Kewenangannya ada di Pak Prabowo kalau Partai Gerindra," ucap Habiburokhman.

Habiburokhman menjelaskan Jokowi yang sudah dua periode menjadi Presiden masih bisa berkontestasi di pemilu sebagai cawapres.

Menurutnya, secara konstitusi hal tersebut dibolehkan.

"Secara konstitusi kan dipertegas oleh MK (Mahkamah Konstitusi). Tanpa putusan MK kan juga sudah jelas, bisa," tuturnya.

Kata PDIP Sangat Bisa

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI-P Bambang Wuryanto mengatakan, Joko Widodo ( Jokowi) sangat mungkin menjadi wakil presiden (wapres) pada periode 2024-2029.

"Kalau Pak Jokowi mau jadi wapres, ya sangat bisa," kata Bambang saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/9/2022).

Bambang mengatakan Jokowi bisa mengikuti Pemilu 2024 sebagai calon wakil presiden, asalkan diusung oleh partai atau gabungan partai politik.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved