Breaking News:

Heboh Serangan Bjorka, Pakar IT Sarankan 3 Upaya Mitigasi Hacker: E-mail Publik Celah Kebocoran Data

Pegiat IT dan peserta Program Cybersecurity Cambridge University, Herman Huang, menyarankan tiga upaya mitigasi hacker untuk mencegah serangan Bjorka.

Editor: Glery Lazuardi
istimewa
Pegiat IT dan peserta Program Cybersecurity Cambridge University, Herman Huang 

TRIBUNBANTEN.COM - Pegiat IT dan peserta Program Cybersecurity Cambridge University, Herman Huang, menyarankan tiga upaya mitigasi hacker untuk mencegah serangan Bjorka.

Tiga upaya mitigasi itu meliputi kampanye keamanan data, transformasi BSSN dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Kemandirian Data Nasional.

"Data-data pemakaian di sosial media disimpan di server penyelenggara di luar negeri pula, banyak e-mail penyelenggara negara/ASN memakai e-mail publik seperti Gmail dan Yahoo yang tentu saja merupakan celah kebocoran data negara," ujarnya, dalam keterangan yang diterima pada Minggu (18/9/2022).

Baca juga: Hanya Tukang Es dan Tak Punya Komputer, Begini Cara Pemuda asal Madiun Komunikasi dengan Bjorka

Menurut dia, selama data-data mayoritas masih diproses, diolah dan disimpan di luar negeri maka peran lembaga manapun di dalam negeri akan terbatas.

Untuk itu, kata dia, ada baiknya belajar cara yang dilakukan oleh negara seperti Tiongkok yang mengalakan kemandirian data nasional melalui pengembangan aplikasi lokal buat sosial media, keuangan dan sebagainya.

"Adanya pernyataan bahwa data negara aman dan tidak menjadi korban hacking dari Bjorka, dapat dianggap penyelenggara negara tidak menganggap data masyarakat sebagai penting," kata dia.

Dia mengungkapkan efek kebocoran data masif sudah banyak terjadi di banyak negara dengan korban-korban korporasi besar seperti Travelex di Inggris, perusahaan kripto di Jepang dan sebagainya.

"Kita harus menghindari hal serupa ini terjadi misalnya di e-commerce kita dan di 2023/2024 data pemilih di KPU," tambahnya.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved